Kumpulan Tools SVG Untuk Web Designer & Developer – SVG adalah singkatan dari Scalable Vector Graphics dan merupakan format file baru untuk menampilkan grafik dalam pengembangan web yang berbasis XML (eXtensible Markup Language). Resource untuk belajar SVG saat ini masih sedikit, masih dibilang cukup langka. Jadi apakah anda saat ini ada niat mempelajari SVG atau ingin menjadi SVG developer yang handal dan berpengalaman?

Logo SVG

Ada beberapa tutorial, buku dan pattern diluar sana yang dapat memenuhi impian anda. Selain itu, ada beberapa alat SVG yang berguna yang akan membantu SVG developer baru untuk belajar.

1. SVG Circus

SVG Circus memungkinkan anda untuk membuat spinner dan loader hanya dalam beberapa detik. Jalur animasi dan titik awal juga dapat dimodifikasi dengan tool ini. Tool ini juga menyajikan beberapa trik yang benar-benar keren untuk menjadikan anda SVG developer yang pintar.

2. Snap.svg

Snap.svg dirancang khusus untuk browser modern dan mendukung fitur SVG terbaru seperti masking, kliping, pola dan sebagainya. Ini adalah proyek adobe yang memiliki librari dari video youtube juga. Silahkan cek disini.

Snap SVG

3. Iconmelon

Tidak ada vektor ikon yang sangat baik sejauh ini untuk para developer. Tapi kurangnya ikon bisa diisi dengan SVG juga karena mereka dapat digunakan sebagai ikon dalam proyek web juga. Situs Iconmelon ini menawarkan jutaan efek untuk proyek Anda dan Anda bisa mengirimkan ikon Anda untuk dipertimbangkan juga.

4. Plain Pattern

Situs Plain Pattern ini memungkinkan anda untuk menghasilkan pola SVG dalam waktu yang cepat dan pola-pola ini dapat dibuat dengan warna, seperti yang anda inginkan. Situs ini mungkin adalah cara tercepat untuk menghasilkan pola SVG.

5. Highcharts

Highcharts adalah library yang ditulis dalam Javascript. Dengan tool ini anda dapat menambahkan grafik interaktif ke situs web dan mendukung garis, kolom, alat pengukur sudut, box plot, saluran, jenis grafik polar dan sebagainnya.

6. Glyphter.

Glyphter adalah alat yang sangat baik yang memungkinkan anda menggunakan semua jenis font dan ikon yang dapat menyeret dan menjatuhkan sesuai kebutuhan Anda. Anda juga dapat memodifikasi rincian tentang masing-masing ikon dengan alat ini. Alat ini memiliki daya tarik khusus bagi developer yang bekerja dengan font dan icon.

7. Paths.js

Paths.js adalah library yang bisa menciptakan path SVG dengan kualitas API sangat baik. Path ini digunakan untuk menampilkan grafis SVG di browser dan dengan alat ini anda juga bisa mendapatkan beberapa grafis animasi secara gratis.

8. svg.js

svg.js adalah library yang memanipulasi sebaik animasi-animasi SVG. Library ini cukup ringan dan menawarkan beberapa kemampuan plug-in juga. Plug-in ini dapat mengubah filter untuk gambar dan icon anda.

9. D3.js

D3.js adalah library javascript untuk memanipulasi dokumen bedasarkan data. D3 membantu anda membawa data menjadi lebih hidup dengan menggunakan HTML, CSS dan SVG. D3.js ini bisa untuk membuat visualisasi, menggabungkan komponen visualisasi yang kuat dan pendekatan data-driven untuk menipulasi DOM.