Keuntungan detox digital | Bersentuhan dengan perangkat digital setiap hari memang bisa membuat kita terlena karena terlalu banyak hiburan, informasi, dan hal-hal menarik lainnya yang bisa kita dapatkan.

Namun dilain sisi perangkat digital juga memiliki efek buruk seperti membuat kita kecanduan, bisa merusak mata, membuat badan lelah, dan menimbulkan emosi, terutama ketika melihat atau membaca sebuah berita yang tidak kita sukai. Bahkan bisa menimbulkan permusuhan.

detok digital

Ilustrasi Detox Digital (Image: information-age.com)

Tidak heran jika sebagian orang memutuskan untuk berhenti menggunakan sosial media. Karena terlalu banyak haters, bosan, tidak adanya waktu atau karena alasan lainnya.

Artis Sarah Sechan misalnya, belum lama ini dia mengumumkan untuk mengundurkan diri dari ingar bingar media sosial.

Sebelumnya beberapa artis dunia seperti Kendall Jenner dan Serena Gomez pun mulai mengurangi keterlibatan mereka dengan dunia digital.

Hingga kini muncullah istilah detox digital. Yaitu melakukan puasa menyentuh dan menggunakan perangkat digital untuk beberapa waktu.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan jika kita melakukan detox digital menurut Lori Osterberg, seorang coach dan penulis di Huffington Post.

1. Merasa lebih damai

Semua orang mendambakan hidup damai di dunia ini. Dengan detox digital kita bisa merasa lebih damai karena tanpa suara atau getaran dari ponsel di tangan atau saku celana, kita bisa bernapas dengan lebih dalam dan santai. Rileks..

2. Lebih banyak berfikir

Tanpa kita sadari mengecek pesan di media sosial mengalihkan perhatian kita dan bisa menghilangkan fokus pada persoalan. Tidak heran jika beberapa perusahaan melakukan pemblokiran pada situs-situs sosial media, karena karyawannya jadi tidak fokus bekerja.

3. Terhubung dengan lebih banyak hal di sekitar kita

Apabila kita tidak melihat layar ponsel, maka kita bisa melihat banyak hal di sekeliling kita, atau kita jadi lebih terpacu untuk berbincang-bincang dengan teman atau orang lain dengan lebih intens.

bersosialisasi

Image: (businessinsider.com)

4. Menjauh dari multitasking yang menghancurkan pikiran

Tanpa ponsel di genggaman tangan otomatis kita bisa lebih fokus pada pekerjaan yang sedang kita kerjakan. Kita tidak akan terganggu dengan hal lain yang tidak berkaitan dengan pekerjaan kita.

5. Atur jadwal kita

Apabila kita membaca pesan atau menjawab panggilan telepon sesuai jadwal kita, maka orang akan belajar jadwal untuk bisa menghubungi kita.

“Oh si A pasti sedang tidak bisa diganggu dan tidak bisa ditagih hutang jam segini karena biasanya pada jam segini dia sedang bekerja, ditelpon juga pasti dia tidak akan mengangkatnya.”

6. Anda akan kecanduan

Apabila kita bisa kecanduan oleh perangkat digital, maka dengan detox digital kita juga bisa kecanduan untuk tidak menggunakan perangkat digital. Sekali mencoba digital detox Anda akan ketagihan.

7. Lebih produktif

Setelah seminggu mencoba, Osterberg mengawali minggu keduanya dengan lebih energik dibandingkan sebelumnya.

Banyak sekali bukan keuntungan yang bisa kita peroleh dengan melakukan detox digital? Anda bisa mencobanya jika Anda penasaran.

Selamat mencoba, selamat terbebas dari dunia digital, selamat menemui dunia lain yang lebih nyata :)