Kali ini kita akan membahas kelebihan PHP dan alasan menggunakan PHP untuk proyek pembuatan website. PHP merupakan bahasa pemrograman web yang menjadi favorit para web developer dari seluruh dunia karena PHP menawarkan berbagai keleluasaan untuk bisa menciptakan website yang sangat interaktif dan intuitif serta aplikasi web dengan eksekusi yang sederhana.

php

PHP (Image by udemy.com)

Ketika orang berbicara mengenai website yang dinamis dan interaktif, maka kata pertama yang muncul dibenak web developer saat ini adalah PHP. Bahasa pemrograman server-side yang serbaguna ini memiliki berbagai kemampuan yang handal dan semuanya bisa dimanfaatkan secara bebas tanpa perlu biaya sama sekali.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang menjadi alasan memilih PHP untuk proyek pembuatan website yang kami kutip dari berbagai sumber dan berdasarkan pengalaman pribadi penulis.

1. Open Source

PHP adalah open source, dikembangkan dan diperbaharui oleh komunitas pengembang dari seluruh dunia, yang memastikan bahwa bahasa ini bukan hanya relevan namun juga bisa sinkron dengan tren teknologi terbaru. PHP merupakan bahasa pemrograman web yang paling populer saat ini.

2. Kompatibel dengan berbagai OS

PHP bisa berjalan dengan baik di Linux, UNIX, Mac dan Windows, sangat sempurna ketika digabungkan dengan MySQL. Bisa dieksekusi pada semua sistem operasi terkemuka saat ini, bahasa pemrograman ini juga ideal untuk pengembangan lintas-platfrom, dan kemampuan ini menegaskan kalau PHP adalah bahasa pemrograman handal yang hemat biaya.

3. Fleksibel dan dinamis

Aplikasi dan website yang diprogram dengan PHP bisa dibilang cukup aman. Ini merupakan bahasa yang dienkripsi dan mudah dikembangkan, dinamis dan fleksibel. Aplikasi web dan website memperbaharui secara otomatis tanpa membutuhkan intervensi manual. Bahasa ini menawarkan lebih banyak fleksibilitas dibanding dengan para pesaingnya dan dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan pengembangan web yang sesuai dengan yang diinginkan. Kerena PHP adalah open-source, editor apapun dapat digunakan untuk menulis kode PHP, serta dapat dikombinasikan dengan berbagai library yang berbeda untuk tampilan grafis dan efek khusus lainnya, serta tidak lupa bisa dikombinasikan dengan XML maupun JSON.

4. Resource besar

Terdapat banyak sekali resource yang bisa dimanfaatkan oleh para pengembang PHP sesuai dengan fungsi dan fiturnya. Mulai dari framework, dependency managers, editor dan alat untuk dokumentasi, PHP memiliki berbagai tool berkealitas yang siap untuk digunakan. Ada segudang dokumentasi online yang membahas setiap topik yang berkaitan dengan pemrograman web dengan PHP. Bahasa ini juga memiliki banyak ekstensi, dengan demikian outputnya benar-benar bisa disinkronkan dengan harapan para pelanggan.

5. User Friendly

PHP sangat sederhana untuk dipahami dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya. Selain itu PHP juga bahasa yang mudah namun kuat, sudah banyak sekali digunakan untuk membuat aplikasi berbasis web yang membutuhkan fungsionalitas maksimal dengan kode yang minimal. Disamping itu, aplikasi yang berbasis PHP sangat aman dibandingkan dengan aplikasi dari berbagai bahasa pemrograman lain.

6. Hemat Biaya

Salah satu kelebihan utama ketika menggunakan PHP adalah kita bisa menghemat biaya, karena alasan itulah PHP digunakan oleh banyak orang saat ini. Para penggunanya bisa mengunduh versi terbaru yang selalu dikeluarkan oleh komunitasnya secara gratis tanpa biaya untuk selamanya.

7. Data processing

Membangun website menggunakan PHP bisa memungkinkan pengguna untuk menggunakan fitur pengolahan data yang cepat. Hal ini juga dapat membantu untuk meningkatkan fungsi situs website pada tingkat yang lebih besar.

8. Performa tinggi

PHP merupakan bahasa unik yang sangat bisa dihandalkan untuk meningkatkan kecepatan pembuatan website, disamping itu memiliki kecepatan eksekusi yang juga tidak kalah dibanding bahasa lain. PHP tidak menggunakan banyak resource sistem untuk bisa berjalan, oleh sebab itu PHP bisa lebih cepat dibandingkan dengan bahasa pemrograman lainnya.

9. Cross Platform

Saat ini orang mengakses website dengan menggunaka berbagai perangkat dan berbagai sistem operasi, dengan PHP kita bisa mengembangkan aplikasi yang lintas platform karena PHP bisa bekerja dengan sangat baik pada UNIX, Linux, Mac dan Windows.

10. Support

Salah satu kendala yang sering dialami oleh developer ketika membuat program adalah stuck atau kebuntuan sehingga terjadi error yang sulit ditangani sendirian, karena PHP digunakan oleh banyak orang dan komunitas maka akan sangat mudah mencari solusinya, karena banyak sekali dari mereka yang terkadang menemukan masalah yang sama dan ketika berhasil mengatasinya maka mereka mendokumentasikannya dengan menulis pada website masing-masing sehinga ketika orang lain mencari akan sangat membantu.

11. Object Oriented

PHP sekarang juga semakin mendukung pemograman berorientasi objek, kemampuan tersebut semakin ditingkatkan pada versi terbaru PHP7.

12. Mudah mencari hosting

Ketika Anda tidak memiliki server sendiri di Internet, maka tentu Anda harus mencari sebuah web hosting untuk bisa menjalankan website Anda secara online. Ada banyak sekali web hosting yang menyediakan layanan untuk hosting PHP, hal ini tentu sangat berbeda jika Anda membuat website menggunakan ASP maupun Java, sangat sulit mencari hostingnya.

13. Skalabilitas

Dalam dunia IT, kata skalabilitas seperti emas. Apapun yang Anda lakukan baik itu berurusan database, hosting atau hal lain seperti programming, maka skalabilitas tidak menjadi masalah jika Anda menggunakan PHP, karena Anda dapat dengan mudah meningkatkan ukuran cluster Anda misalnya dengan menambah lebih banyak server jika proyek Anda semakin tumbuh besar.