Kebiasaan yang bisa merusak gadget dan cara mencegahnya — Semua orang di kota-kota besar saat ini mengunakan Gadget seperti tablet dan smartphone karena hal tersebut sudah menjadi kebutuhan penting yang sulit untuk dipisahkan, bahkan anak kecilpun sudah asik dengan gadget nya.

Gadget biasanya membuat orang asik dan lengah seharian, tanpa dia memperdulikan apakah sudah menggunakan cara-cara yang benar dalam merawat gadget tersebut, kebanyakan dari kita hanya sibuk menggunakan lupa merawat dan membersihkan. Padahal jika salah satu komponen rusak, bakalan repot sendiri dan kinerja gadget nya pun jadi tidak maksimal.

Tidak sulit sebenarnya untuk merawat gadget, kita hanya diminta untuk menyisihkan sedikit waktu saja. Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang sebisa mungkin dihindari untuk menjaga kinerja smartphone tetap maksimal.

1. Tidak Pernah Dimatikan

Beberapa orang tidak mematikan gadget nya walaupun dalam keadaan sedang tidak terpakai. Mematikan gadget sama halnya dengan memulihkan dan mempertahankan keadaan baterai serta komponen-komponen lain di dalamnya supaya tetap bisa berjalan normal. Proses ini mirip-mirip dengan manusia yang butuh istirahat / tidur untuk memulihkan tenaga.

Handphone tidak dimatikan

Handphone tidak dimatikan (Foto: bgr.com)

Disarankan untuk mematikan gadget setiap malam karena saat malam hari biasanya gadget tersebut jarang digunakan, hal ini juga untuk membantu Anda agar bisa tidur lebih nyenyak karena tidak ada gangguan notifikasi. Jika anda tidak bisa mematikan gadget saat malam hari karena alasan tertentu entah itu takut ada panggilan penting atau email penting, maka disarankan untuk mematikan gadget satu jam sehari.

2. Membiarkan Bluetooth dan WiFi terus menyala

Anda pasti pernah atau bahkan sering mengalami baterai gadget yang boros, biasa jadi salah satu penyebabnya karena WiFi dan Bluetooth nya selalu aktif, meskipun sedang tidak dibutuhkan. Oleh karena itu disarankan untuk memtikan fitur tersebut pada saat tidak terpakai untuk menjaga baterai tahan lebih lama dan mengurangi beban kerja gadget tersebut.

Selain Bluetooth dan WiFi, GPS juga perlu untuk diperhatikan, dikutip dari situs Quora, GPS membuat smartphone Anda bekerja mencari sinyal melalui satelit sehingga menghabiskan daya baterai dengan cepat. Apabila dibiarkan terus begitu, kinerja gadget bisa menurun. Intinya, bijaklah menggunakan fitur-fitur di gadget anda.

wifi internet speed

WiFi router by angieslist.com

3. Digunakan dalam suhu ekstrim

Jangan terlalu sering menggunakan smartphone atau perangkat lainnya terpapar sinar matahari langsung karena bisa merusak kinerja komponen yang ada di dalamnya. Hal ini juga bisa mengurangi kemungkinan meningkatnya suhu secara drastis pada mesin utama. Usahakan untuk menggunakan gadget disuhu ruangan yaitu antara 16 s/d 30 degajat celcius.

4. Mengisi baterai semalaman

Biasanya waktu tidur dimanfaatkan seseorang untuk mengisi baterai, karena beranggapan hal tersebut efisien karena bisa menghemat waktu, pagi hari sudah mendapati gadget siap pakai karena baterainya penuh. Namun sebenarnya tindakan seperti itu malah bisa mempecepat bocornya baterai, bahkan bisa menurunkan kinerja, jika sering dilakukan bisa menyebabkan gadget Anda sebentar-sebentar minta di charge.

Smartphone Isi Ulang Cepat

Foto via androidsentral.com

5. Menggunakan charger tidak resmi

Setiap Anda membeli gadget seperti smatphone biasanya sudah dilengkapi dengan charger resmi, namun ada kalanya charger Anda tidak ketemu atau hilang dan kemudian Anda membeli charger murah yang ada dipasaran, tindakan itu bisa berakibat fatal karena bisa merusak gadget Anda. Sebaiknya tetap membeli charger resmi yang disediakan produsen merek gadget Anda, walaupun harganya sedikit agak mahal, namun ini aman untuk gedget Anda yang mahal itu. Karena menggunakan charger yang bukan miliknya, walaupun cocok, namun voltase yang dibutuhkan setiap ponsel bisa berbada-beda.

charge smartphone

Foto via xtremetech.com

Satu lagi yaitu penggunaan powerbank yang terlalu sering. Hal ini akan membuat smartphone mendapatkan tegangan yang tidak sesuai dengan yang dianjurkan. Sebisa mungkin hindari penggunaan powerbank, jangan sampai kejadiannya sama dengan kasus berikut ini.

6. Jarang Dibersihkan

Keseringan dipakai untuk pekerjaan yang intensitasnya tinggi membuat smartphone atau gadget Anda kotor, disarankan untuk membersihkan gadget secara rutin dengan kain yang lembut atau sesekali menggunakan tisue basah atau minyak kayu putih untuk bagian tertentu. Jangan sampai gadget Anda debuan, karena debu juga bisa masuk melalui celah-celah kecil yang ada di pinggiran gadget dan akhirnya mengotori bagian dalam, hal ini bisa menghambat kinerjanya juga.