Jumlah pencarian di Google setiap bulan lebih dari 100 miliar — Semua orang tau kalau Google adalah mesin pencari nomor satu di dunia. Google menjadi andalan setiap orang yang ingin mengetahui sebuah informasi.

Pada era Smartphone saat ini ternyata semakin menambah ramai para pengguna Google. Saat ini jumlah pencarian di Google melalui ponsel ternyata lebih banyak jika dibandingkan dengan yang menggunakan komputer desktop. Secara keseluruhan, mesin pencari raksasa tersebut memproses lebih dari 100 miliar pencarian setiap bulan.

Google

Google (Image: pixabay.com)

Seperti dilansir Finance Times, Jumat (9/10), Senior Vice President Search Google, Amit Singhal mengungkapkan bahwa “Untuk pertama kalinya pada musim panas ini, kami (Google) mendapatkan lebih banyak pencarian pada perangkat mobile dibanding desktop. Tren itu diprediksi terus berlanjut”.

Singhal memang tidak merinci jumlah pencarian dari masing-masing platform, namun menurutnya, jumlah secara keseluruhan mencapai lebih dari 100 miliar pencarian setiap bulan. Disamping itu dia mengatakan bahwa data tersebut tidak termasuk perhitungan statistik dari perangkat tablet, tapi hanya dari smartphone dengan layar berukuran kurang dari 6 inci.

– Baca juga: Begini Cara Kerja Mesin Pencari Google

Amit Singahal juga memiliki keyakinan bahwa perangkat mobile akan semakin berperan penting di dalam pertumbuhan Google pada masa depan. “Kami peduli mengenai tiga hal penting, yaitu mobile, mobile dan mobile”, katanya.

Dilain sisi, beralihnya para pengguna dari komputer desktop ke smartphone untuk menunjang kegiatan sehari-hari mereka tidak berarti menjadi tantangan tersendiri untuk bisnis Google. Contohnya terjadi pada bulan lalu dengan Apple, dimana sebuah update terbaru dari software iPhone dimana mereka memperkenalkan kemampuan untuk melakukan pemblokiran terhadap iklan di web browser, termasuk iklan milik Google.

Namun Singhal tidak terlalu mempermasalahkan apa yang dilakukan oleh kompetitor Google tersebut. Singhal bahkan berkata “Apple adalah mitra yang hebat. Pada dasarnya, kami (Google) menyukai apa yang mereka lakukan. Para pengguna Apple juga menyukai Google”.