Jumlah maksimum unit iklan AdSense di website infinite scroll jadi pertanyaan para publisher. Saat ini memang marak website yang menerapkan gaya infinite scroll. Website bergaya infinite scroll adalah website yang ketika di scroll kebawah maka konten nya seakan tidak ada habisnya, karena setiap scroll maka secara otomatis akan mengambil (load) data baru lagi.

Yang jadi pertanyaan bagi para publisher AdSense adalah, berapa jumlah unit adsense yang bisa dipasang di website bergaya infinite scroll? Kan setiap scroll setara dengan sebuah halaman, jadi secara logika harusnya boleh pasang lebih dari 4 unit iklan.

Eitss…tidak seperti itu.

Website bergaya infinite scroll sepertinya memang kurang baik untuk Anda para publisher AdSense, karena sepanjang apapun website Anda dan seberapa banyak judul postingan yang di muat, maka google tetap akan menghitung semua itu sebagai satu halaman saja, jadi jumlah unit yang diperbolehkan tetap 3 unit iklan saja.

Tapi kok ada website infinite scroll yang bisa memasang lebih dari 3 unit iklan?

Memang ada website yang bisa menerapkan lebih dari 3 unit iklan di website bergaya infinite scroll, salah satunya adalah Mashable.com, disitu mereka memasang beberapa unit iklan setiap kali scroll halaman web.

infinite scroll

Infinite scroll (Image: smashingmagazine.com)

Mereka bisa menaruh unit iklan seperti itu karena mereka adalah premium publisher, beda dengan kebanyakan blogger yang hanya berstatus regular publisher. Publisher premium boleh memasang lebih dari 3 unit iklan Google Adsense.

Jadi untuk Anda yang menerapkan infinite scroll, tetap pasang 3 unit iklan saja ya. Kecuali kalau Anda sudah menjadi premium publishe.