Jenis website yang disukai pembaca — Terdapat banyak sekali jenis situs yang ada di internet saat ini berdasarkan spesifikasi kontennya. Ada website yang khusus membahas satu topik saja dan ada yang membahas berbagai jenis topik konten atau kategori.

Pertanyaan pentingnya adalah, website manakah yang paling disukai oleh pembaca? Khususnya untuk yang tinggal di Indonesia.

niche gado-gado

Berdasarkan data temuan dari riset yang dilakukan Indonesia Digital Association (IDA) terkait Studi Konsumsi Media Online yang juga didukung oleh Baidu Indonesia serta dilaksanakan oleh lembaga riset global GFK, ternyata didapati beberapa hal yang cukup menarik untuk dicermati.

Ternyata penduduk perkotaan yang ada di Indonesia sangat suka mengonsumsi berita dari ponsel smartphone mereka, untuk persentasenya sendiri mencapai 96%, dan itu merupakan angka tertinggi dibandingkan dengan media lain seperti televisi yang hanya 91%, serta surat kabar sebanyak 31%, sedangkan radio hanya 15%, baru setelah itu media-media lainnya.

Riset yang dilakukan pada lima kota besar di Indonesia pada akhir tahun 2015 itu terdiri dari 1.521 panelis yang ditanam melalui perangkat yang mereka miliki dan 775 responden yang dimintai keterangan secara langsung dengan cara interview.

Hasilnya didapati bahwa, pembaca berita online cenderung lebih didominasi oleh orang-orang yang berusia 33-42 tahun, gender nya lebih banyak pria dibandingkan dengan wanita. Walaupun perbedaannya hanya tipis sekali.

Masyarakat Indonesia suka hiburan

Hiburan ternyata menjadi konten yang lebih digemari oleh masyarakat Indonesia, dimana persentasenya mencapai 73%, isu sosial 70% dan politik serta olah raga berada di angka 49% dan 48%.

– Baca juga: 10 Jenis Video Yang Disukai Orang Indonesia di Youtube

Website gado-gado lebih disukai

Data tersebut juga mengungkapkan bahwa para pembaca Indonesia lebih suka mengunjungi situs yang menyajikan konten dengan berbagai tipe topik atau kategori, atau yang biasa dikenal dengan website gado-gado, dimana persentasenya sebanyak 83%. Jauh diatas website yang membahas konten spesifik atau ber-niche khusus yang hanya dikunjungi sebanyak 17% saja.

Baca juga:

3 Jenis Blog Berdasarkan Kepemilikan

Data tersebut tentu saja sangat menarik untuk dicermati oleh para blogger yang sering bingung untuk memilih topik untuk websitenya.

Namun sayangnya data tersebut tidak cukup membahagiakan bagi mereka yang ingin menjadi publisher iklan seperti Google Adsense, karena menurut para pakar dan blogger yang sudah sukses, website dengan topik khusus lebih tinggi pendapatannya dibanding dengan website yang memiliki konten beragam atau gado-gado. Selain itu berbagai tulisan yang ada di internet juga menyebut bahwa Google lebih menyukai website yang spesifik karena bisa menempatkan iklan lebih tertarget.

Wah ini pasti jadi dilema bagi para blogger di tanah air.