Apa jenis font yang digunakan Google di logo baru? — Perubahan logo yang baru-baru ini dilakukan Google memang cukup mengejutkan berbagai pihak, pandangan tentang logo tersebut juga banyak disuarakan oleh netizen baik yang dari luar negeri maupun dari dalam negeri.

Banyak yang menanyakan apa alasan google merubah logo, selain itu sebagian orang berpendapat bahwa mereka menyukai logo baru Google sedangkan sebagian lain tidak menyukai logo baru Google tersebut.

Dari kalangan orang-orang desain yang jadi pertanyaan adalah Font apa yang digunakan Google pada logo barunya tersebut? Berbagai tanggapan pun bermunculan, ada yang bilang font yang digunakan adalah Century Gothic, sedangkan yang lain beranggapan itu mirip font Futura.

Namun sepertinya yang paling menyerupai typeface pada logo baru Google tersebut adalah jenis font Futura. Walaupun jika dilihat dengan lebih teliti ternyata yang digunakan oleh Google bukanlah font Futura, Anda bisa melihat perbedaannya dibawah ini.

Logo baru Google

Logo baru Google

Logo baru Google jika menggunakan jenis font Futura

Logo google jika menggunakan font Futura

Jika dilihat sekilas memang sangat mirip dengan jenis font Futura, hampir sulit untuk dibedakan.

Namun jika dilihat lebih teliti, Ada sedikit perbedaan pada huruf ‘G’ besarnya, dimana huruf ‘G’ nya terlalu terbuka. Untuk huruf ‘o’ relatif sama dengan yang ada di font Futura, namun perbedaan kembali terlihat pada huruf ‘g’ dimana yang digunakan google lebih pendek pengaitnya, untuk huruf ‘l’ yang ada di Futura juga tampak lebih tinggi dibanding ‘l’ milik Google, sedangkan huruf ‘e’ yang dibuat lebih miring juga terlihat berbeda karena yang digunakan oleh Google lebih terbuka sedangkan Futura pengaitnya terlalu tertutup.

Perbedaan lebih lengkapnya bisa Anda lihat gambar berikut ini.

Jadi sebenarnya font apa yang digunakan Google di logo baru nya?

Google sendiri menyebut bahwa seiring dengan pengembangan logotype, mereka melakukan kostumasi pada typeface geometri sans-serif untuk digunakan pada logo yang akan digunakan pada setiap produk dan identitas mereka nantinya, dan mereka memberi nama ciptaannya tersebut dengan sebutan “Product Sans”. Jadi mereka tidak menggunakan jenis font yang sudah ada, namun melakukan kostumasi pada typeface geometri sans-serif dan akhirnya terbentuklah font mereka sendiri dengan nama ‘Google Product Sans’, seperti yang mereka lansir di halaman resmi Google Design Identity.

font logo baru google

Image via Twitter @GoogleDesign

Product Sans itu sendiri dibuat cukup lengkap oleh desainer Google, dimana mereka membuat dalam bentuk huruf kecil, huruf besar, angka dan juga simbol, dan lain sebagainya. Jika Anda tertarik Anda bisa download type specimen nya disini.

Download Font Google Product Sans

Untuk Anda yang ingin mendownload font Google Product Sans ini tampaknya Anda harus memendam hasrat tersebut, karena font ini tidaklah open source, jadi tidak bisa Anda download dan gunakan begitu saja.

Tau dari mana font tersebut tidak open source?

Ketika Anda membuka webfont TTF yang digunakan pada website Google, Anda akan mendapatkan beberapa metadata dan link ke URL ini:

https://www.google.com/fonts/license/productsans

Di alamat URL tersebut tertulis bahwa “Google menawarkan banyak sekali font open source, namun font ini tidak termasuk salah satunya. Silakan lihat www.google.com/fonts“.

Hm…  sayang sekali ya :)


 

Referensi:
Google Design / Design for hackers / The Next Web