Waktu Terbaik Posting Tulisan Blog  WordPress saat ini sudah menjadi platform website yang paling banyak digunakan, khususnya untuk keperluan blogging, atau CMS.

Sejauh ini WordPress memang telah memberikan beberapa fitur kepada penggunanya untuk melihat statistik dengan fitur yang cukup lengkap seputar aktivitas blog nya. Namun mulai tanggal 1 juni 2015 kemarin, WordPress sudah menyiapkan tool baru yang berguna untuk lebih mencerna data-data tersebut.

Alat ini diberi nama insight (mirip nama statistic di facebook), fungsi utamanya yaitu untuk memberikan gambaran singkat dan cukup jelas mengenai kapan blog Anda paling ramai dikunjungi.

waktu terbaik posting tulisan blog

Photo via WordPress.com

Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk mengetahui berapa persen dari total pengunjung yang membaca blog Anda pada hari selasa, dan alat ini juga bisa memberikan jam kunjungannya, misal sepertiga dari total pengunjung membaca blog Anda pada jam 9 pagi. Dengan itu bisa disimpulkan pada hari dan jam tersebutlah blog tersebut paling banyak kedatangan pengunjung. Dengan informasi tersebut tentu Anda bisa mempublish beberapa artikel pada jam tersebut agar postingan baru tersebut dibaca banyak orang.

Disamping itu Anda juga bisa mengamati berapa sering Anda membuat postingan baru dalam sebuah visualisasi yang mirip dengan kalender tahunan. Dari situ bisa dilihat jika semakin gelap warna biru pada sebuah kotak, maka disitulah paling banyak postingan yang Anda buat.

waktu terbaik posting tulisan blog 2

Photo via WordPress.com

Tampilan baru ini tidak membuat tampilan lama terbuang begitu saja. WordPress memindahkan Comments, Followers, Tags dan Category, serta Publicize dibawah tool insights tersebut. Anda juga masih tetap bisa mengamati statistik berdasarkan hari, minggu, bulan maupun tahun seperti biasanya, karena fitur tersebut masih dipertahankan.

Jadi kapan waktu terbaiknya? Semua tergantung blog Anda masing-masing, silahkan di cek dengan tool yang disediakan tersebut, karena setiap orang bisa berbeda-beda.