Ini yang banyak dicari warga Suriah di Google selama konflik — Saat ini Suriah tengah bermasalah, negaranya terlibat perang dan sebagian warganya sudah mengungsi ke negara lain, bahkan mereka mengungsi dengan berjalan kaki ribuan kilometer.

Bahkan rencana sebagian warga Suriah yang ingin melarikan diri dari perang dan menuju benua Eropa bisa diketahui dari mesin pencari milik Google.

Sebagaimana data dari Google, bahwa setidaknya dua pekan terakhir ini banyak sekali warga Suriah yang mencari rumah sakit guna mengobati luka bakar yang ada di tubuh mereka. Disamping itu, pencarian yang paling sering mereka lalukan yaitu tempat yang akan mereka tuju selanjutnya, dan tempat terbanyak yang dicari yaitu negara Jerman.

pengungsi suriah

pengungsi suriah (Image: blogs.canoe.com)

Para pengungsi Suriah tersebut banyak yang mencari informasi rute untuk menuju Jerman. Seperti melalui jalur laut, yang jadi pemisah Turki dan Yunani.

– Baca juga: Cara Mengetahui Jarak dan Waktu Tempuh di Google Maps dengan PHP

Warga Suriah tersebut juga melihat-lihat peta Arab serta peta Jerman untuk bisa mendapatkan rute yang paling baik sehingga mereka bisa menemukan jarak yang paling dekat, misalnya Edirne dan Izmir, Izmir serta Istanbul, Turki, Yunani kamudian juga Makedonia & Serbia.

Seperti dilansir Aljazira, Rabu (30/9), Mesin pencari milik Google telah menginformasikan bahwa volume pencarian tertinggi yaitu “berita Hungaria” dan “pengungsi Suriah di Hungaria”.

Google oh Google..