Hari programmer dunia tanggal 13 September — Programmer adalah profesi yang sangat penting saat ini, karena hampir semua sektor usaha saat ini membutuhkan komputer, dan tentunya berbagai program buatan para programmer ada di dalam sebuah komputer. Oleh karena itu profesi programmer juga perlu untuk dihargai dengan sebuah hari khusus. 

hari programmer

Namun hari programmer tanggalnya tidak selalu sama setiap tahunnya, berbeda dengan hari buruh yang diperingati setiap tanggal 1 Mei misalnya. Hari Programmer diperingati setiap hari ke-256 setiap tahunnya, dan 12 September 2016 adalah hari ke-256 untuk tahun 2016 ini, untuk tahun kabisat biasanya akan diperingati setiap tanggal 12 September misalnya pada tahun 2012 yang lalu dan 2016 tahun ini, sedangkan untuk selain tahun kabisat selalu diperingati setiap tanggal 13 September.

Pemilihan Hari ke-256

Angka 256 (2 pangkat 8) dipilih karena merupakan banyaknya angka yang dapat direpresentasikan dalam sistem 8-bit, yang sangat dikenal oleh hampir semua programmer di dunia. Selain itu ‘256’ pada sistem basis heksadesimal adalah ‘100’, dan juga pengkat 2 tertinggi yang kurang dari 356 (yaitu banyak hari dalam satu tahun), menurut Wikipedia.

Sejarah

Hari programmer ini pertama kali dicetuskan oleh Valentin Balt, seorang pekerja di perusahaan desain web Parallel Technologies. Semenjak tahun 2002 dia mencoba untuk mendapatkan tanda tangan untuk sebuah petisi kepada Pemerintah Rusia untuk bisa mengakui hari tersebut sebagai “Hari Programmer” yang resmi.

Pada tanggal 24 Juli 2009, Mentri Komunikasi Rusia mengeluarkan sebuah naskah tentang hari libur profesional yang baru, yaitu Hari Programmer.

Pada tanggal 11 September 2009, Presiden Rusia Dmitry Medvedev menerapkannya sebagai hari libur profesional resmi, begitu yang tertulis di laman Wikipedia.

Jurnalweb.com mengucapkan

SELAMAT HARI PROGRAMMER SEDUNIA UNTUK SEMUA ‘TUKANG KODING’ YANG LUAR BIASA HEBAT