Hal yang paling disesali Bill Gates dalam hidup — Bill Gates, siapa yang tidak kenal dia, dia adalah orang yang menciptakan sistem operasi Microsoft Windows yang saat ini menjadi sistem operasi yang digunakan oleh manusia dia seluruh bagian dunia.

Saat ini pria asal Amerika itu sudah tidak lagi fokus ke dunia sistem operasi, namun

lebih banyak terjun ke masyarakat kecil dengan mendirikan yayasan sosial yang di beri nama Bill & Melinda Gates Foundation.

Bill Gates Pendiri Microsoft

Bill Gates yang telah banyak mengubah kehidupan masyarakat dunia itu ternyata memiliki hal yang dia sesali juga. Dalam sebuah kesempatan dia AMA yang diselenggarakan di website Reddit pada awal Januari 2015 lalu. AMA adalah sebuah platform yang disediakan Reddit yang memungkinkan komunitas internet untuk bertanya tentang segala hal.

Pada AMA di Reddit tersebut salah seorang bertanya kepada Bill Gates tentang penyesalan terbesar dalam hidupnya sejauh ini. Bill Gates terang-terangan menjawab pertanyaan itu dengan mengatakan, “I feel pretty stupid that I don’t know any foreign languages“, yang kira-kira dalam bahasa Indonesia arti nya “Saya merasa sangat bodoh karena saya tidak mengerti bahasa asing”. Bill Gates juga mengatakan “saya mengambil pelajaran bahasa Latin dan Yunani di SLTA, dan mendapat nilai A. Saya pikir itu sangat membantu kekayaan kosakata saya, tetapi sebenarnya saya berharap juga dapat mengenal bahasa Prancis, Arab atau Mandarin. Saya ingin sekali untuk dapat belajar salah satu dari bahasa ini, mungkin saja bahasa Prancis karena ini jadi yang paling mudah”, begitu menurut istri Melinda Gates.

Baca Juga: Mengapa Web Designer Kadang Perlu Melakukan Pekerjaan Pro-Bono (sukarela)?

Gates yang kini telah vakum dari Microsoft saat ini memang tengah disibukkan dengan aktivitas kemanusiaan di Bill & Mellinda Gates Foundation.

Di sela-sela kesibukannya, Gates sejatinya juga coba belajar bahasa asing menggunakan Duolinggo — semacam aplikasi penerjemah berbagai bahasa — tapi ternyata tak cukup berhasil.

Tokoh IT dunia lain yang belakangan mampu tampil greget di hadapan publik dengan kemampuan bahasanya adalah CEO Facebook Mark Zuckerberg.

Dalam sebuah acara di sebuah kampus di China pada Oktober 2014, Zuck mampu membuat banyak orang terkagum-kagum lewat kemampuan bahasa Mandarinnya yang sangat fasih.