Google sangat pintar, dia tau tentang Anda, boleh lah kita sebut kalau Google secara tidak langsung Google memata-matai Anda.

Ingin mengetahui apa yang diketahui oleh google tentang diri Anda? Berikut ini adalah 7 link penting yang akan menunjukan beberapa data yang diketahui Google tentang Anda, namun ada kesan fair play juga karena google membolehkan Anda menghapus data yang sudah mereka simpan tersebut. 

Intro: Sebenarnya tanpa adanya artikel ini Anda sudah paham kalau dari Gmail yang Anda gunakan saja Google bisa mengetahui seluruh percakapan di email dan transaksi yang Anda lakukan melalui email tersebut, itu hanya salah satu bukti kalau Google mengetahui data Anda, namun berikut adalah beberapa data lain yang disimpan Google.

1. Google Mengatahui Apa Yang Anda Pikirkan dan Anda Inginkan.

Dalam rangka untuk menyajikan konten iklan yang relevan, Google mengumpulkan data tentang Anda dan menciptakan sebuah profile. Dengan data tersebut dia bisa menampilkan iklan sesuai dengan aktivitas yang Anda sering lakukan, jika Anda sering mencari atau mengunjungi toko jual beli online tertentu misalnya, maka iklan yang muncul biasanaya iklan dari website yang anda kunjungi tersebut, atau website lain yang setipe dengan itu.

Anda dapat mengontrol dan meninjau informasi yang dimiliki Google dari link dibawah ini

http://www.google.com/settings/ads/

Google juga memiliki alat yang disebut dengan Google Analytics, yang bisa membantu publisher melihat halaman apa yang telah dilihat orang lain terhadap situsnya, berapa kali anda telah berkunjung ke sebuah website, berapa lama Anda berada disana, dan lain sebagainya. Anda bisa memilih untuk keluar jika Anda tidak ingin jenis data seperti itu dikumpulkan oleh Google.

2. Google Tau Jejak Lokasi Anda

google spy

Google Mengetahui Tentang Anda (Foto: jewishbusinessnews.com)

Jika Anda menggunakan Android, perangkat mobile Anda mungkin mengirimkan lokasi Anda ke Google. Anda dapat melihat seluruh riwayat lokasi anda pada link berikut :

https://maps.google.com/locationhistory

3. Mengetahui Semua Yang Anda Cari di Situs Pencariannya.

Google menyimpan setiap pencarian tunggal yang pernah Anda lakukan di situs pencariannya. Diatas semua itu, mereka merekam setiap iklan Google yang Anda klik. Log ini tersedia di halaman riwayat / history Google.

https://www.google.com/history/

4. Mengetahui Apa Saja Layanan Yang Anda Gunakan

Google menawarkan sebuah halaman aktivitas akun yang memberitahukan Anda tentang semua layanan Google yang Anda gunakan. Anda bahkan dapat mengaktifkan laporan bulanan yang akan dikirim ke email Anda.

https://www.google.com/settings/dashboard

5. Mengetahui Apa Saja Aplikasi dan Ekstensi Yang Anda Gunakan.

Aplikasi pihak ketika sering kali meminta izin untuk mengakses data google Anda, dengan ini google mengetahui Aplikasi apa saja yang Anda gunakan. Halaman aktivitas Akun juga menawarkan daftar semua aplikasi yang memiliki jenis akses ke data Google Anda. Anda dapat melihat dengan tepat jenis izin yang diberikan kepada aplikasi dan mencabut akses dari setiap aplikasi pihak ketiga tersebut jika diinginkan pada halaman berikut ini :

https://security.google.com/settings/security/permissions

6. Export Semua Data Anda dari Google

Google memungkinkan Anda untuk mengekspor semua data Anda, yang meliputi: Bookmark, email, kontak, file google drive, info profil, video youtube, foto dan lebih lanjut bisa Anda ketahui disini :

https://www.google.com/takeout

7. Google Menyimpan Video Apa Yang Anda Cari di Youtube

Jika anda menggunakan Youtube, dan sering mencari video dengan mengetikan kata kunci, maka tanpa Anda sadari kata kunci yang Anda ketikan tersebut disimpan oleh Google, anda bisa menemukannya disini.

https://www.youtube.com/feed/history/search_history

Selain itu dia juga mengetahui seluruhnya video yang Anda tonton.

https://www.youtube.com/feed/history

Memang sulit kondisi seperti ini, jika tidak ingin hal ini terjadi maka Anda harus berhenti menggunakan semua produk Google, namun hal tersebut susah untuk di realisasikan, karena sebagian orang saat ini tergantung sekali dengan Google.

Google pun juga pernah membantah bahwa mereka tidak memata-matai : Google: We don’t spy on you.

Jadi sebaiknya cukup gunakan dengan bijak, pahami cara kerja google, batasi hak akses pada hal-hal penting saja. Semua pengaturan sudah disediakan.

Source: http://www.google.com/goodtoknow/online-safety/security-tools/
via: Medium.com