Google hapus aplikasi dari Play Store — Raksasa teknologi yang juga mesin pencari nomor satu di dunia Google baru-baru ini menghapus 13 aplikasi berbahaya dari Google Play Store. Perusahaan telah mengambil langkah setelah sebelumnya diberikan peringatan oleh peneliti keamanan.

Aplikasi tersebut tidak sah untuk di download pada perangkat Android. Google telah memperketat lapisan keamanan pada aplikasi.

Chris Dehghanpour, seorang peneliti keamanan dari Lookout melaporkan aplikasi berbahaya tersebut ke Google. Aplikasi ini mencoba untuk mendapatkan akses root dan menyalin sejumlah file untuk partisi sistem.

Google Play Store

Google Play Store (Image: lernoticias.com)

Partisi sistem tidak bisa selalu tak tersentuh meskipun perangkat di format ulang.

Aplikasi-aplikasi tersebut memiliki jumlah download yang sangat besar di Play Store. Berikut daftar aplikasi yang dihapus Google dari Play Store karena alasan keamanan.

  1. Cake Blast
  2. Jump Planet
  3. Honey Comb
  4. Crazy Block
  5. Crazy Jelly
  6. Tiny Puzzle
  7. Ninja Hook
  8. Piggy Jump
  9. Just Fire
  10. Eat Bubble
  11. Hit Planet
  12. Cake Tower
  13. Drag Box

Dehghanpoor lebih lanjut mengatakan bahwa cara terbaik untuk menyingkirkan penyebaran malware oleh aplikasi ini adalah dengan melakukan re-flashing perangkat ROM. Para penulis malware tersebut menggunakan nama dan teknik yang berbeda untuk mempublikasikan aplikasi di Play Store.

Langkah yang diambil Google tersebut menjadi sebuah sinyal bahwa Google mulai serius soal keamanan, khususnya di perangkat Android dan Play Store.