Mendapatkan uang dari Google Adsense memang menggiurkan dan tampak sangat menyenangkan karena hanya dengan menaruh kode iklan di website atau blog maka kita akan mendapatkan bayaran jika ada yang klik iklan tersebut. Namun ternyata layanan iklan milik google ini bisa juga merugikan pemilik website. 

Sebagaimana kita ketahui Google adalah perusahaan IT raksasa di dunia dengan pendapatan iklan yang tergolong banyak dibanding yang lain. Banyak perusahaan ingin memasang iklan di google, namun karena google tidak memilik banyak website (tidak beragam juga) sedangkan iklan yang masuk banyak dan beragam jenisnya, maka google membuat google adsense, dimana pemilik website diseluruh dunia bisa menjadi partner google dengan menampilkan iklan-iklan yang mereka miliki. Hasilnya akan dibagi, google mendapat iklan dari perusahan yang memasang iklan, sedangkan pemilik website akan mendapatkan bayaran ketika ada yang klik iklan tersebut. Namun ternyata jika salah menggunakannya, layanan Google Adsense ini justru malah bisa membuat rugi.

Google Adsense

Kenapa rugi? Sebenarnya layanan Google Adsense ini bisa merugikan namun bisa juga menguntungkan. Akan menguntungkan jika iklan Google ini ditempatkan pada website yang tidak terlalu tinggi traffic nya, akan menguntungkan juga jika iklan google ini tidak ditempatkan di slot iklan premium. Namun jika digunakan untuk website dengan traffic tinggi dan slot iklannya premium atau tempat strategis maka sebenarnya pemilik web bisa dibilang merugi.

Baca juga: Pemasang Iklan Sepi, Namun Pendapatan Google Naik

Untuk website atau blog yang memiliki traffic tinggi di dunia maya, memasang iklan google bisa jadi salah satu kerugian, karena slot iklan yang digunakan google bisa mendapatkan keuntungan atau bayaran lebih besar jika digunakan untuk memasang iklan dari produk lain, website dengan traffic tinggi pasti sangat disukai oleh perusahaan yang ingin memasarkan produknya, maka dengan marketing yang baik, pemilik web bisa memasang iklan untuk sebuah perusahaan besar dengan bayaran yang sangat tinggi, dengan perjanjian yang jelas, dengan nilai bayaran yang pasti juga, nilai kontraknya pasti. Dibanding dengan mengandalkan jumlah klik dari google yang harga per-klik dari iklannya saja kita tidak tau dengan pasti bahkan tidak menentu nilainya. Lebih enak mendapatkan bayaran 50jt/bulan dari perusahaan mobil misalnya, dibandingkan mengumpulkan uang perhari yang dimana uang tersebut akumulasi dari jumlah klik dan harga klik iklan, pendapatan jadi tidak menentu, kadang bisa banyak kadang hanya sedikit.

Untuk website yang memiliki traffic tinggi mungkin iklan google adsense ini bisa jadi pilihan kedua ketika website sedang tidak memiliki pemasang iklan utama untuk di tempatkan pada posisi iklan(space iklan) yang premium tersebut.

Baca juga: Cara Menghasilkan Uang Dari Website Blog

Namun jika anda tidak mengerti tentang marketing, atau tidak bisa mencari pemasang iklan yang berani membayar mahal, maka Google Adsense tentu pilihan terbaik untuk anda, namun anda harus berusaha keras untuk mengoptimalkan Google Adsense ini dengan tetap menjaga traffic website anda tinggi, dan berusaha agar banyak yang klik iklan google tersebut, pemilihan topik pembahasan di website juga penting.

Jadi silahkan dipilih mana yang menurut anda menguntungkan untuk website anda, selamat berjuang untuk mendapatkan pendapatan dari website anda :)