Framework untuk menguji unit kode PHP | Melakukan debugging pada kode PHP bukanlah sesuatu yang paling menyenangkan untuk dilakukan, oleh karena itu beberapa orang membuat framework khusus untuk melakukan hal tersebut agar lebih mudah.

Framework tersebut membantu para developer untuk mengoptimasi pengujian untuk mempercepat proses pengembangan PHP mereka, serta untuk mengidentifikasi dan mengurangi masalah keamanan, menghilangkan bit kode yang berlebihan dan tidak perlu, dan tentu saja meningkatkan kinerja keseluruhan dari aplikasi web dan kode yang sedang di tulis.

Oleh karena itu ada beberapa macam framework untuk melakukan pengujian secara otomatis pada kode PHP (automatic PHP testing framework) yang dibuat oleh berbagai developer, dan untuk memilih yang terbaik dari sekian banyak tentu tidak mudah.

Berikut ini Jurnalweb.com pilihkan beberapa framework untuk melakukan testing kode PHP yang terbaik untuk Anda para pembaca yang budiman pada tahun 2016 ini.

PHP Unit

PHPUnit

PHPUnit ini adalah pilihan tradisional dari sebagian besar pengembang, PHPUnit adalah framework pengujian unit (unit testing) yang berorientasi pada programmer yang sekarang semakin bagus lagi dibanding versi sebelumnya, sekarang mereka memiliki versi 5.1

Simple Test

SimpleTest merupakan Framework yang ringan dan mudah untuk dijalankan, SimpleTest dilengkapi dengan banyak fitur yang berguna, termasuk dukungan untuk form, SSL, dan proxy, cepat dalam memeriksa kinerja PHP Anda. Jika Anda cukup akrab dengan JUnit, Anda akan mendapati tampilan antar muka yang mirip dengan SimpleTest.

Behat

Behat adalah sebuah framework untuk melakukan pengujian perilaku PHP, Behat menggunakan driven development untuk membuat pengujian menjadi seperti sebuah cerita. Sangat mudah untuk dimengerti dan digunakan.

Codeception

Codeception menyediakan PHP unit testing yang cukup modern untuk pemula dan pro. Codeception dapat menjalankan tes aplikasi cepat selama 5 menit dan terintegrasi dengan framework lain untuk memberikan pengujian penerimaan, uji fungsional, serta pengujian API.

PHPSpec

PHP Spec

PHPSpec adalah sebuah behavior-driven, SpecBDD testing unit PHP yang membutuhkan developer untuk menulis spesifikasi untuk menentukan bagaimana aplikasi berperilaku. Ini adalah framework yang handal yang dilengkapi dengan buku petunjuk yang cukup rinci dan tentu hal tersebut akan sangat membantu ANda dalam menggunakannya.

Peridot

Peridot

Peridot memungkinkan pengembang untuk menulis tes dengan cara alami, dengan menggunakan “describe-it” sintak. Ini cukup cepat, dan sangat mudha untuk disesuaikan dengan beberapa plugin. Karena Peridot adalah “event-driven“, Anda bisa membuat ekstensi ad-hoc dengan mudah.

Selenium

Selenium melakukan otomatisasi browser dan aplikasi web untuk tujuan pengujian dan memperkuan Anda untuk membuat robust testing regresi berbasis browser. Terlepas dari kecanggihannya, namun mereka tetap jadi framework yang mudah diakses, terutama karena mereka dapat berjalan pada banyak browser dan sistem operasi.

DBUnit

DBUnit adalah framework testing PHP yang sangat robust untuk data fixture, framework ini cocok untuk dijadikan pilihan yang sangat baik terutama untuk proyek-proyek pengujan besar dan berat.

Mockery

Monkery adalah framework pengujian unit PHP yang cukup fleksibel. Monkery dapat digunakan secara efektif dengan beberapa framework lain di daftar ini untuk unit testing. Mereka khusus dirancang agar mudah untuk diimplementasikan dengan PHPUnit.

Itulah beberapa framework untuk melakukan pengujian kode PHP yang Anda buat, semoga ini bisa membantu Anda untuk membuat kode yang lebih strong lagi. Salam Jurnalweb Indonesia.