Foto Instagram Landscape dan Portrait — Dalam pembaharuan terbaru yang dilakukan oleh jejaring sosial foto Instagram versi 7.5 sekarang memungkinkan pada pengguna untuk memposting foto dalam orientasi portrait dan landscape, tidak harus kotak lagi.

Aspek rasio yang baru ini tidak hanya berlaku untuk foto namun juga berlaku untuk video yang diunggah pengguna.

Namun walaupun begitu, Instagram masih tetap mempertahankan postingan foto atau video dalam bentuk kotak (square) bagi yang masih menginginkannya.

Dikutip Jurnalweb.com dari The Wall Street Journal, Jumat (28/8), dengan dibuatnya opsi portrait dan landscape Instragram mencoba untuk mendekatkan diri dengan kalangan fotografer profesional untuk menggunakan aplikasinya.

instagram landscape portrait

“Satu dari lima foto yang di unggah di Instagram formatnya bukan kotak”, tulis Instagram dalam blog resminya.

“Kami juga mengetahui bahwa terkadang ada teman yang tidak masuk bingkai (dengan format kotak) saat melakukan foto bersama. Subyek dalam video juga terlihat dipaksakan”, tambah Instagram.

Sebelum adanya fitur baru ini, para pengguna menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti IntaFit untuk memasukan foto Instagram tanpa harus cropping.

InstaFit sendiri menyebutkan bahwa sudah ada lebih dari 1 juta orang yang menggunakan layanan mereka, dan sudah ada lebih dari 60 juta foto yang dilayani oleh InstaFit agar bisa diposting di Instagram.

Fitur baru ini sudah bisa di dapatkan oleh pengguna Android dan iOS dalam update terbaru di toko aplikasi masing-masing.