NASA gratiskan jutaan stok foto Bumi, Matahari, Planet, Tata Surya dan aktivitas antariksa lainnya – Sangat sulit bagi kita orang awam untuk mengambil foto bumi dan planet lainnya. Namun tentu tidak sulit bagi NASA (National Aeronautics and Space Administration) yang merupakan lembaga pemerintah milik Amerika Serikat yang bertanggung jawab atau program luar angkasa AS dan penelitian umum luar angkasa.

Oleh karena itu jika kita ingin mendapatkan foto-foto terbaik tentang bumi dan alam semesta ini, tentu NASA salah satu sumber terbaik.

NASA memberikan banyak sekali gambar atau foto citra dunia yang mereka dokumentasikan sejak bertahun-tahun disertai dengan data ilmiah lainnya. Setidaknya terdapat 2.95 juta gambar bumi yang tersedia gratis untuk umum, seperti Jurnalweb.com nukil dari PetaPixel, Jumat (8/4/2016).

Gambar-gambar ini ditangkap oleh alat buatan Jepang yang disebut Advanced Spaceborne Thermal Emission and Reflection Radiometer (ASTER) selama 16 tahun terakhir.

Gambar dan foto-foto tersebut sebelumnya tersedia melalui Departemen Ekonomi, Perdagangan dan Industri Jepang dengan membayar sejumlah biaya nominal. Tapi mulai hari ini, itu semua bebas tersedia secara online di situs NASA.

Itu artinya, gambar-gambar seperti Gunung Merapi Indonesia yang terus erupsi pada tahun 2010, atau foto Tsunami tahun 2005 yang diambil dari angkasa bisa kita didapatkan secara gratis.

Berikut beberapa foto penampakan bumi yang kami lihat di situs jpl.NASA.gov

borneo on fire 2015

Borneo on fire 2015

Tsunami Sri Lanka 2005

Tsunami Sri Lanka 2005

Selain gambar bumi, ada juga foto-foto dokumentasi dari anggota tata surya lain seperti Asteroid, Comet, Planet Dwarf, Bumi, Jupiter, Mars, Markurius, Neptunus, Saturnus, Matahari, Uranus, Venus dan Lainnya.

Menu foto tersedia dalam bentuk dropdown, kita juga bisa melakukan pencarian untuk kata kunci tertentu, selain itu bisa dilihat dengan mode tampilan layout yang berbeda, juga terdapat deskripsi dan penjelasan dari setiap gambar.

Peluncuran Odyssey ke Mars, April 2001

Peluncuran Odyssey ke Mars, April 2001

Andromeda, High-Energy X-rays

Andromeda, High-Energy X-rays

Jika Anda tertarik bisa lihat langsung di situs resminya http://www.jpl.nasa.gov/spaceimages

Selamat mencari…