Fitur baru Android 6.0 Marshmallow — Beberapa waktu lalu Google mengumumkan versi terbaru dari Android untuk versi 6.0 yang diberi nama Android Marshmallow. Banyak perubahan dan fitur baru yang jadi keunggulan atau kelebihan Android Marshmallow ini dibanding versi-versi sebelumnya.

android 6.0 marshmallow

Android 6.0 Marshmallow (Image: Youtube.com)

Setidaknya ada tujuh fitur baru yang menjadi kelebihan Android Marshmallow, berikut sedikit ulasananya.

1. Google Now pada Tap

Salah satu fitur kunci dari Android Marshmallow adalah Google Now pada Tap dan ini akan bisa dinikmati disemua versi Android 6.0.

Pengguna bisa menarik Google Now untuk membuat pencarian secara cepat di aplikasi ketika menggunakan smartphone. Cukup pilih bagian manapun pada layar dan Google Now pada Tap akan mendapatkan informasi yang relevan tentang hal itu.

2. Kostumasi tabs Google Chrome

Dengan Android 6.0 (M) Marshmallow, pembuat aplikasi bisa mengintegrasikan tab Chrome ke dalam aplikasi mereka. Namun, mereka bisa mempertahankan tampilan aplikasi.

3. Sudah support fingerprint

Google membuat dukungan sensor sidik jari asli dengan Android 6.0 dan ini akan memberikan lapisan keamanan baru untuk semua smartphone. Hal ini juga memungkinkan otentifikasi pembayaran melalui Android Pay.

4. Baterai yang lebih tahan lama

Perusahaan mengklaim bahwa mereka telah membawa fitur perbaikan dengan Android Marshmallow Doze, dan fitur ini akan meningkatkan daya tahan baterai.

Dalam tes yang dilakukan Google, dibandingkan dengan Android 5.0, maka Doze di Android 6.0 ini menghasilkan dua kali lipat lama pemakaian pada perangkat yang sama dan aplikasi yang juga sama. Berarti Android 6.0 memiliki daya tahan baterai 2 kali lipat dibanding Android 5.0.

5. USB tipe C dan pengisian daya lebih cepat

Google sudah mulai meninggalkan micro USB dan menggantinya dengan USB tipe C. Google Nexus 5X baru dan 6P juga hadir dengan USB tipe C.

Pada USB tipe C, kabel pengisian bisa dimasukan ke port dengan baik, sehingga memudahkan pengguna.

6. App permissions

Dengan Android 6.0 Marshmallow, Google telah memperbaharui izin aplikasi. Ini akan memungkinkan pengguna untuk menerima atau menolak izin untuk aplikasi seperti saat mereka melakukan update; sebagai contoh, jika sebuah aplikasi yang Anda download ingin mengakses buku telepon Anda, maka Anda bisa memilih untuk menolak persyaratan tersebut dan mengizinkan persyaratan lainnya, jadi bisa dipilih-pilih.

7. Android Pay

Android 6.0 Marshmallow akan menghadirkan Android Pay. Ini adalah sistem pembayaran berbasis NFC yang akan bersaing dengan Apple dan Samsung Pay.

Meskipun diluncurkan dengan Android Marshmallow, fitur ini juga masih akan tersedia untuk perangkat yang berjalan pada Android 4.4 dan versi lebih tinggi.

Itulah beberapa fitur menarik yang ada di Android 6.0 Marshmallow. Jadi tertarik untuk ganti hape Android baru?