Fitur baru Android N dan kelebihannya | Sistem Operasi Android versi terbaru buatan Google, yaitu Android N, sepertinya akan sangat dinantikan oleh para pengguna dan pecinta Android. Bahkan untuk nama terbaru dari sistem operasi ini saja dibuatkan sayembara khusus, dimana siapa saja bisa memberikan masukan nama yang diawali dengan huruf “N”.

Namun untuk bisa menikmati Android N ini kita harus sabar menunggu karena sistem operasi terbaru dari si robot hijau ini kabarnya baru akan dirilis pada pertengahan tahun ini. Tapi walaupun demikian, Google sempet memberikan sidikit bocoran tentang Android N ini.

android n

Android N (Image: androidpit.com)

Untuk Anda yang penasaran ingin mencoba Android N, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu beberapa fitur baru dan sekaligus kelebihan Android N, yang Jurnalweb kumpulkan dari berbagai sumber di Internet.

1. Integrasi dengan VR (virtual reality)

Google pada keynote event mengumumkan integrasi Android VR dan Daydream di sistem operasi Androin N. Daydream, bagi Anda yang belum tau adalah platform virtual reality yang dibangun di Android N. Sebuah smartphone bersertifikat Daydream ketika digabungkan dengan modus VR baru di Android tentunya akan meningkatkan kinerjanya dalam headset.

– Baca juga: Sekilas tentang virtual reality dan masa depannya

2. Peningkatan keyboard Google

Keyboard Google juga akan mendapatkan beberapa fitur baru di Android N. Raksasa mesin pencari ini akan membawa tema baru untuk keyboard, dimana pengguna bisa lebih leluasa melakukan kostumasi dengan menambahkan dan menghapus pembatas antara tombol atau dengan menambahkan warna. Android N juga akan menyertakan karakter emoji baru yang bersertifikat Unicode 9.

3. Notifikasi lebih interaktif

Ini mungkina salah satu update terbesar di Android N. Google dengan sistem operasi mobile barunya ini akan membawa panel notifikasi yang semakin canggih dimana pengguna bisa langsung membalas chatting, bahkan memperluas kemampuannya dibandingkan dengan yang ada di Marsmallow sekarang ini dengan memberikan lebih banyak pilihan, mengakses lebih capat dan dapat beralih dengan menggeser panel dua kali. Selain itu pengguna bisa langsung membalas pesan dengan klik pada notifikasi.

4. Gabungan notifikasi

Apabila Anda merasa risih dengan banyaknya tumpukan notifikasi pada jendela notifikasi di smartphone Anda, fitur ini nantinya bisa membantu mengatasi masalah tersebut. Google membuat sebuah fitur yang bisa menggabungkan notifikasi dalam satu grup pada aplikasi. Anda juga bisa melihat tumpukan notifikasi pada setiap aplikasi, cukup dengan melakukan tap pada kumpulan aplikasi untuk bisa melihat seluruhnya.

5. Merubah tampilan pengaturan

Android N juga memiliki halaman pengaturan yang baru. Halaman pengaturan baru menunjukan saran-saran untuk pengguna dibagian atasnya, dimana pengguna akan diberitahu segala hal yang masih belum beras di pengaturan smartphonenya, seperti pengaturan akun email, perintah suara, dll. Semua pilihan juga menunjukan persentase baterai yang tersisa serta berapa lama lagi smartphone bisa bertahan.

6. Data saver

Selain halaman pengaturan baru, ada juga fitur baru di pengaturan tersebut. Dimana adanya fitur baru yaitu Data Saver, dimana jika mengaktifkan fitur ini maka smartphone akan lebih menghemat penggunaan data. Data saver ini juga sudah ada di browser Google chrome dengan menambahkan extensions dengan nama yang sama.

7. Lebih mudah melakukan multitasking

Dengan sistem operasi terbaru Android N ini, pengguna akan bisa melakukan tab dua kali pada tombol multi windows untuk mengakses aplikasi terakhir atau halaman yang mereka buka di smartphonenya. Terdapat juga pilihan untuk membersihkannya “Clear All” pada perangkat Nexus untuk menyingkirkan semua aplikasi yang dibuka di latar. Selain itu OEM Android sudah memiliki opsi menghemat waktu juga.

8. Split-Screen

Android N akhirnya membawa mode split-screen / membagi layar di smartphone. Seperti terlihat pada smartphone high-end Samsung. Mode layar terpisah memungkinkan pengguna untuk menelusuri aplikasi pada satu jendela, ketika bekerja pada aplikasi lain di jendela kedua. Kedua jendela juga dapat diubah ukurannya. Aplikasi perlu diperbaharui untuk bisa kompatibel dengan fitur ini, tentu ini menjadi pekerjaan baru untuk para pengembang aplikasi.

9. Google Assistant

Pada asisten Google terbaru, kita bisa terlibat lebih dalam saat melakukan percakapan dengan perangkat Android dengan Now (asisten pencari digital Google saat ini), untuk bisa menyelesaikan tugas Anda, misalnya ketika ingin mencari tahu soal informasi atau memesan reservasi restoran.

10. Aplikasi Instan

Pada sistem operasi terbaru Android N ini pengguna bisa menggunakan aplikasi tertentu tanpa harus mengunduh atau memasang aplikasinya. Hal ini tentu akan berguna apabila Anda ingin berbelanja online. Pada event Google i/o yang baru-baru ini diselenggarakan, dicontohkan ketika berbelanja di shopify hanya dengan sekali tap saja transaksi sudah langsung selesai dilakukan. Tanpa perlu proses checkout yang rumit.

11. Doze on the Go

Android 6.0 Marshmallow adalah sistem operasi Android pertama yang dilengkapi dengan aplikasi penghemat baterai Doze. Aplikasi Doze on the Go yang baru ini tidak akan jauh berbeda dengan versi sebelumnya.

12. Night Mode

Mirip dengan fitur Night Shift milik Apple, fitur Night Mode di Android juga dapat mengurangi ketegangan saraf mata ketika melihat cahaya terang pada layar ponsel pada malam hari.

13. System DPI Change

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengubah pengaturan DPI (Dot Per Inch) atau yang biasa dikenal dengan resolusi. Perubahan resolusi ini termasuk ukuran huruf yang ingin dipakai pada seluruh sistem.