Fakta tentang pentingnya kecepatan website dalam bisnis online — Untuk sebuah website, waktu muat (loading) tentu merupakan bagian yang sangat penting, pengunjung akan langsung meninggalkan website apabila dia terlalu lama menunggu sebuah website terbuka.

Sering kali pemilik website menaruh elemen apapun di halaman website mereka, dan tidak memikirkan soal bertambahnya waktu loading website mereka.

speed website

speed website (Image: staffingdaily.com)

Selain itu kecepatan website juga menjadi faktor yang sangat penting jika kita berbicara soal ranking website di mesin pencari, seperti Google atau Bing.

Berikut ini adalah beberapa fakta seputar kecepatan website yang mungkin bisa jadi pertimbangan untuk pemilik website.

73$ dari pengguna internet dari ponsel mengatakan bahwa mereka mendapati bahwa website-website sekarang masih lambat untuk diakses.

51% dari pengguna internet dari ponsel mengatakan bahwa mereka mendapati website yang down, crashed, atau mengalami error.

38% dari pengguna internet dari ponsel mengatakan bahwa mereka mendapati website yang tidak tersedia, walaupun ada link menujut kesana.

47% dari pengguna internet dari ponsel mengharapkan bahwa halaman web bisa dibuka dalam waktu 2 detik atau kurang.

40% orang meninggalkan sebuah website jika website tersebut tidak terbuka dalam waktu 3 detik ketika diakses.

Setiap 1 detik keterlambatan dalam membuka halaman bisa menghasilkan pengurangan konversi hingga 7% (ini tentu kerugian, apalagi untuk website jual beli online).

Kerugian jika web lambat

Kerugian jika web lambat (Image: indentity.biz)

Jika sebuah website e-commerce berpenghasilan $100.000 per hari, maka 1 detik saja website terlambat untuk dibuka, maka berpotensi kehilangan $2,5 juta pendapatan dalam setahunnya. Waduh ternyata besar juga ya kalau di akumulasikan.

Baca juga: Sedikit Tentang Pentingnya Kecepatan Website

Itulah beberapa fakta menarik yang perlu diketahui seputar kecepatan website, seperti yang Jurnalweb.com kutip dari blog kissmetrics.