Evolusi suara startup Windows dari setiap versi hingga Windows 10 — Setiap kali sistem operasi Windows dirilis dari Windows 3.1 hingga ke Windows 8 selalu disertakan dengan suara musik pada saat startup (suara saat komputer dihidupkan), suara yang menandakan komputer sudah mulai berjalan. Suaranya pun berbeda-beda, walaupun ada beberapa nada suara yang agak mirip seperti Windows Vista dan Windows 7, namun tetap ada nada suara pada saat komputer dihidupkan.

suara startup windows

Suara Startup Windows (Image: Mashable.com)

Namun dalam rilis Windows 10, tidak ada lagi suara musik saat startup tersebut.

Baca tulisan lain tentang Windows 10: 

Anda tidak akan mendengarkan bunyi beep ketika Anda menghidupkan PC yang menjalankan Windows 10. Bahkan ketika Anda menuju ke menu setting di Control Panel dan melakukan ceklis “Play Windows Startup sound”, namun tidak ada yang terjadi ketika Anda restart.

Anda hanya akan mendapati Windows 10 sunyi.

Berikut ini adalah statemen Microsoft tentang penghapusan suara startup tersebut, seperti Jurnal Web kutip dari laman Mashable, Sabtu (1/8).

Ketika kami memoderasi suara Windows, kami sengaja membuat sistem diam. Menggunakan Windows 10, Anda hanya akan mendengar suara untuk hal-hal yang penting bagi Anda. Kami menghapus suara startup karena startup bukanlah suatu event yang menarik di perangkat yang modern. Memilih dan menggunakan sebuah perangkat harus sesuai dengan Anda, tidak harus menunjukan eksistensi perangkat tersebut.

Berikut ini sebuah video yang bisa mengingatkan kita kembali dengan suara-suara startup Windows yang sejak dulu sangat sering kita dengarkan.

Gimana menurut Anda, lebih setuju yang mana, ada suara atau tidak ada suara startup?