Elemen Yang Tidak Perlu Ada Pada Sebuah Blog — Memiliki blog memang sangat menyenangkan karena dengan blog anda bisa menyalurkan isi kepala anda menjadi sebuah tulisan yang bisa dibaca oleh orang lain.

Blog yang baik adalah blog yang tidak berat ketika di akses dan tentunya memiliki struktur navigasi yang baik agar orang lain bisa dengan mudah menjelajahi isi blog.

elemen blog

Contoh blog (Image: designerblogs.com)

Namun ada beberapa hal yang sebenarnya tidak terlalu penting untuk ada di blog anda, karena akan membuat blog anda menjadi kotor bahkan hanya akan memberatkan.

1. Badges — Anda benar-benar tidak memerlukan elemen yang satu ini, sadarilah bahwa blog anda hanya memerlukan konten yang berkualitas sehingga berguna untuk pembaca.

2. Popup — Popup kadang mengganggu orang lain, popup kadang diperlukan ketika anda ingin menyampaikan pesan yang cukup penting, namun selain itu sebaiknya popup jangan digunakan karena popup ini tidak terlalu disukai oleh pengunjung web anda.

3. Iklan PPC — Website anda tidak perlu ditambahkan iklan seperti google adsense ketika website anda masih minim pengunjung. Walaupun anda ingin memasang iklan, janganlah terlalu banyak, dan gunakan ditempat yang baik agar tidak mengganggu pengunjung.

4. Blogroll – Ini juga tidak terlalu penting untuk ada di website anda, karena blogroll yang terlalu besar hanya akan meningkatkan bounce rate blog anda.

5. Backsound Musik — Anda tidak perlu untuk menyertakan backsound musik pada blog anda, karena tidak semua orang menyukainya dan perlu di ingat juga selera musik orang berbeda-beda. Musik ini juga hanya akan memberatkan waktu tunggu website anda.

6. Jam — Blogger pemula biasanya senang sekali menampilkan berbagai elemen termasuk jam digital ataupun analog yang sebenarnya tidak terlalu penting, karena setiap komputer tentu sudah memiliki jam. Orang bisa liat jam dari taskbar di desktop nya.

Menurut anda adakah elemen-elemen lain yang tidak diperlukan oleh sebuah blog? kalau ada silahkan informasikan agar blog indonesia semakin menarik dan menyenangkan.