Banyak desain dan fitur Apple yang dicontok brand lain menurut sejumlah orang yang mengamati teknologi. Apple sering kali dituduh mencontek fitur dari Android, namun dilain sisi ada banyak contoh dimana perusahaan teknologi lainnya telah merilis produk yang setidaknya agak mirip dengan Apple.

Hal ini khususnya terjadi saat Apple mengeluarkan iPhone, desain iPhone yang unik ternyata banyak dicopy oleh produsen lain.

apple android

HP Ini bukan iPhone (Image: businessinsider)

Berikut ini adalah beberapa fitur Apple yang dicopy oleh produsen lain dalam produk mereka seperti Jurnalweb kutip dari Business Insider & EFYTimes Sabtu (14/11/2015).

1. Force Touch

Ponsel Android Huawai baru dilengkapi dengan fitur sensitivitas tekanan yang diberi nama Force Touch. Apple memperkenalkan fitur yang serupa dengan nama yang sama pada tahun sebelumnya dengan Apple Watch.

2. Handphone Warna Emas

Apple meluncurkan iPhone 5S dengan warna emas pada tahun 2013. Warna tersebut menjadi sangat populer di pasaran. Mengikuti jejak Apple, Samsung merilis Galaxy S4 edisi emas, HTC meluncurkan One M7 dengan warna emas dan LG G2 edisi terbaru dengan warna emas juga muncul.

3. Kaca Belakang

iPhone terbaru dari Apple sebagain besar terbuat dari logam, tapi ke tahun 2010-2011 rata-rata iPhone dilapisi kaca pada bagian belakang. Ponsel terbaru Samsung, termasuk Galaxy S6, Galaxy Note 5 dan Galaxy S6 Edge, juga memiliki ponsel dengan model kaca tersebut.

4. Lenovo S90 Sisley

Ada banyak perangkat Android yang memiliki desain persis sama seperti iPhone. Lenovo S90 Sisley terbaru adalah salah satu contohnya. Ponsel ini memiliki logam melengkung di tepi dan desain yang secara keseluruhan mirip dengan iPhone.

5. Sleek Laptops

Konsep laptop yang ringan dan ramping menjadi populer setelah Apple meluncurkan MacBook Air pada tahun 2010. Sejak saat itu, produsen seperti HP, Asus, Dell mencoba untuk meniru bentuk ramping dari MacBook Air tersebut pada laptop buatan mereka. Anda akan banyak menemukan laptop Windows dengan bentuk seperti itu dipasaran.

6. Ikon Aplikasi Circular pada Jam

Apple Watch adalah perangkat yang cukup revolusioner, itu menempatkan standar industri dan ekspektasi yang jauh tinggi. Apple Watch ini diluncurkan dengan elemen UX yang unik. Samsung Gear S2 mengcopy filosofi desain dibalik ikon aplikasi Apple Watch. Ikon baru di Samsung Smartwatchs terlihat seperti gelembung kecil, itu mirip dengan Apple Watch.