Data yang diketahui web browser tentang kita | Web Browser adalah salah satu aplikasi yang digunakan untuk menjelajahi internet, hampir disetiap komputer pasti ada browsernya.

Web Browser terdapat di perangkat mobile, tablet maupun desktop komputer.

Dengan browser kita bisa mengakses informasi dari berbagai website, mulai dari berbagai mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo, sosial media seperti Facebook, Twitter, hingga berbagai website seperti detik, bahkan website jurnalweb.com yang sedang Anda kunjungi sekarang ini.

web browser

Web Browser (Image: staticworld.net)

Namun ada satu hal yang menjadi kekhawatiran kita sebagai pengguna web browser, yaitu berbagai data tentang kita diketahui oleh browser, apa saja itu?

Terdapat banyak sekali data yang diketahui oleh sebuah web browser, berdasarkan data dari webkay, browser mencatat lokasi, sofware, hardware, sampai koneksi yang kita gunakan. Data tersebut mungkin saja digunakan web browser untuk berbagai kepentingan mereka, seperti mengetahui jumlah pengguna web browser mereka dari setiap negara bahkan kota, atau untuk mengetahui halaman yang akan ditampilkan berdasarkan kecepatan internet yang digunakan, berikut lebih detail data apa saja yang dicatat browser.

Lokasi

Web browser mencatat lokasi tempat kita berada, mulai dari titik kordinat longitude & latitude, lokasi rumah, bahasa yang digunakan, hingga waktu tempat kita berada.

– Baca juga: Cara Mengetahui Informasi Lengkap Dari Sebuah Website

Software

Web browser juga mengetahui software yang Anda gunakan, seperti sistem operasi yang digunakan, browser hingga plugin yang aktif di browser tersebut juga ketahuan.

Hardware

Web browser juga mengetahui hardware yang digunakan oleh perangkat tersebut, seperti CPU, GPU, Baterai laptop tinggal berapa, berapa lama lagi habis baterai nya, hingga browser juga tau baterainya sedang di charge atau tidak.

Koneksi Internet

Web browser juga mengetahui koneksi internet yang digunakan, mulai dari alamat IP lokal, IP publik, service provider hingga kecepatan download internet yang Anda gunakan.

– Baca juga: 5 Web Browser Terbaik Untuk Menghemat Kuota Internet Data

Sosial Media

Browser juga mengetahui Anda sedang menggunakan sosial media apa saja, bahkan apakah Anda sedang login atau tidak juga diketahui oleh browser.

Selain itu berdasarkan data dari Webkay, web browser juga mengetahui Click jacking (Penyalahgunaan Akun Google Anda untuk mengungkapkan identitas Anda), gyroscope, scanning network dan juga meta data dari sebuah gambar yang Anda unggah.

Ternyata cukup banyak data yang diketahui dan dicatat oleh web browser tentang penggunanya, untuk mencegah hal tersebut, webkay merekomendasikan pengguna untuk menggunakan NoScript, sebuah addon yang biasa ada di browser Firefox, untuk yang menggunakan Chrome, beberapa orang di news.ycombinator.com merekomendasikan untuk menggunakan uBlock atau uMatrix.