Codeigniter 3.0 akhirnya resmi dirilis, setelah sekian lama seperti mati suri dan semenjak dikelola oleh pemilik barunya terlihat sedikit demi sedikit Codeigniter sudah mulai ada tanda-tanda kehidupan kembali, meskipun perubahan nya tergolong cukup lama.

Sebelumnya codeigniter berada dibawah kontrol ellislab namun sejak tahun 2014 codeigniter sudah memiliki rumah barunya yaitu tinggal bersama

 British Columbia Institute of Technology (BCIT).

new codeigiter 3.0

Codeigiter 3.0

Codeigniter kini sudah resmi hadir dengan versi terbarunya, yaitu Codeigniter 3.0.0, tentu ada banyak perubahan dibanding versi sebelumnya (versi 2). Mari kita ulas sedikit apa saja yang baru dari Codeigniter 3.0.0 ini.

  1. Pemilik Baru, yaitu British Columbia Institute of Technology (BCIT).
  2. Kini Codeigniter berada di bawah lisensi MIT.
  3. Driver databasenya kini memiliki refactoring yang lebih luas. Sekarang default database driver nya menggunakan mysqli, tidak lagi menggunakan mysql
  4. PDO berfungsi penuh dengan subdriver.
  5. Library Session yang baru.
  6. Library Encryption juga baru.
  7. Fitur Unit testing sudah ditambahkan dan ditingkatkan kemampuannya, begitu juga dengan cakupan kode nya kini lebih luas.
  8. Dianjurkan menggunakan PHP 5.4 atau yang lebih baru, namun CI akan tetap bisa berjalan di PHP 5.2.4.

Baca puluhan perubahan dan penambahan fitur selengkapnya disini

Baca panduan / manual / user guide nya disini

Download Codeigniter 3.0.0 disini

Baca juga: 10 Cara Memilih Framework PHP Yang Baik

Semoga Codeigniter kembali berjaya, mengingat codeigniter kini sudah memiliki pesaing serius yaitu Laravel dengan fitur dan kemampuan yang lebih modern, dimana Laravel baru-baru ini sudah menjadi PHP Framework terbaik tahun 2015 menurut sebuah survey yang dilakukan oleh laman situs Sitepoint.