Ciri dan Karakteristik Seorang Programmer Yang Baik — Jika anda ingin mencari seorang programmer yang berbakat dan berpengalaman tentunya itu adalah sebuah tugas yang tidak mudah. Programmer seperti itu biasanya menaruh harga yang tinggi untuk dirinya sendiri, jadi anggaran bisa jadi kendala, dengan dana yang sedikit tentunya agak sulit menemukan staf karyawan programmer yang layak dan memenuhi harapan anda.

Perusahan besar biasanya menawarkan hal-hal menarik untuk programmer sehingga para programmer mudah terpikat dengan imbalan yang menggiurkan, hal ini menjadi sulit untuk startup kecil atau perusahaan skala kecil untuk menemukan programmer yang benar-benar baik dan bisa diandalkan. Ada beberapa hal yang tentunya perlu menjadi pertimbangan agar bisa menemukan programmer berbakat untuk membantu pekerjaan kantor anda. Berikut adalah beberapa hal yang mungkin bisa menjadi acuan ketika anda dan perusahaan anda ingin mencari programmer dengan karakteristik menarik.

1. Technical Skill

Technical Skill atau keterampilan teknis ini bisa dibilang paling penting, salah satu kesalahan mendasar seorang HRD saat memperkerjakan programmer adalah mereka sering kali melihat pengalaman dari programmer tersebut. Dari pada menyertakan pengalaman minumum selama 3 tahun dalam dunia pemograman, tim perekrutan ada baiknya mencari orang yang suka menambahkan skill atau mengembangkan skill mereka dengan belajar bahasa pemograman lain, atau teknologi terbaru dari bahasa pemograman yang dia kuasai. Karena pengalaman selama 3 tahun menggunakan suatu bahasa pemograman tertentu belum tentu berguna, karena teknologi selalu berkembang, terkadang teknologi lama tidak lagi digunakan di perusahaan masa kini. jadi tanya apakah mereka mengikuti pembaharuan dari bahasa-bahasa tersebut atau tidak?

2. Learning Curve

Teknologi selalu berkembang, dan hal ini akan terus berlanjut. Anda harus mencari orang yang bersedia untuk berkembang, bersedia untuk belajar bahasa baru. Pengetahuan pemograman seorang akan menjadi usang hanya dalam beberapa tahun. Jadi penting mengetahui apakah programmer tersebut memiliki minat mempelajari bahasa baru sesuai dengan kemajuan dan perkembangan teknologi atau hanya akan bermain disitu-situ saja selamanya.

3. Debugging

Debugging adalah sama pentingnya dengan menciptakan kode program itu sendiri. Seorang programmer yang baik dapat mengenali akar dari permasalahan dengan cepat jika ia memiliki kemampuan debugging yang bagus. Jadi pekerjakanlah programmer yang bsia menyelidiki kesalahan kode nya sendiri dan melakukan penelitian dari celah pada program yang dia buat. Jika programmer dapat menangani bug dalam kode yang dia buat sendiri dengan baik maka dia adalah seorang yang tepat untuk dipekerjakan dibidang tersebut.

4. Work Environment

bad posture work environment

Seorang programmer memiliki karakter yang berbeda-beda, beberapa programmer membutuhkan suasana hening saat koding. Padahal beberapa lebih suka dalam hal yang sedikit berisik, ada yang suka menyendiri ada yang bisa bekerja dengan keramaian. Penting untuk mengetahui bagaimana karakter mereka agar mereka tetap bisa produktif saat di pekerjakan. Produktivitas mereka mencerminkan kualitas pekerjaan mereka. Tim HRD harus mencari tahu tentang suasana linkungan kerja yang bagaimana yang ideal untuk si programmer, dan cocokan dengan suasa kantor anda.

5. Problem Solving Skills

Membuat aplikasi tentunya memiliki tujuan untuk memudahkan atau menangani masalah tertentu. Penting untuk mengetahui katerampilan si calon programmer anda dalam memecahkan masalah. Pemograman dapat dibandingkan dengan pertanyaan seputar matematika. Seorang programmer yang baik selalu berkembang dan bisa menemukan cara baru untuk membuat sesuatu hal menjadi lebih mudah, efektif dan efisien.

6. Passion

programmerPassion juga penting untuk ditanyakan, beberapa orang programmer bekerja hanya demi mendapatkan banyak uang, sementara beberapa programmer lain bekerja memang karena dia cinta dengan dunia pemograman tersebut. Penting untuk mengetahui tingkat gairah seorang programmer, semangatnya untuk membuat program mencerminkan dedikasi dan hasil akhir yang baik. Seorang programmer yang cinta akan pekerjaannya biasanya bisa menghabiskan hari-harinya didepan komputer dan mengetik kode program.

7. Communication Skills

Hal ini tentu jelas bukan sesuatu yang programmer ‘banget’, karena programmer biasanya cenderung lebih diam. Namun dalam beberapa kasus programmer perlu juga untuk berinteraksi dengan manajer mereka, co-worker ataupun klien. Kemampuan mereka untuk berkomunikasi dan berinteraksi sedikit banyaknya tentu bisa menjadi nilai tambah, karena diskusi merupakan hal penting dalam tim kerja. Jadi penting juga untuk menguji keterampilan berkomunikasi seorang programmer.

8. Laziness

Kemalasan mungkin terdengan seperti hal yang buruk untuk sebagian orang, tetapi didunia pemrograman (programmer), itu adalah keuntungan. Programmer yang baik biasanya sering kali malas. Statistik dan penelitian membuktikan bahwa kemalasan, ketidaksabaran dan keangkuhan adalah kualitas yang ideal untuk programmer. Statistik juga menunjukan bahwa orang malas menemukan cara tercepat dan paling efisien untuk memecahkan masalah pemrograman.

programmer malas adalah terbaik

Bill Gates Quote via inscribd.com

9. Religious

Di bidang pekerjaan apapun ini cukup penting untuk diketahui, perlu untuk mengetahui sedikit tentang kepribadian, ibadahnya, atau kebaikan-kebaikan lainnya dari si programmer. Programmer yang mengenal tuhannya dengan baik tentu akan membuat program yang baik, tidak akan curang dalam membuat suatu program, programmer yang jahat kadang menciptakan backdor dari program yang dia buat dan dia jual untuk kepentingan dan kuntungan pribadinya. Hal tersebut tentunya bukan akhlak yang baik dan harus dihindari.

Jadi penting sekali untuk mengetahui karakter seorang programmer jika anda ingin mempekerjakan programmer di kantor atau perusahaan. Teliti dengan benar bagaimana programmer yang cocok untuk tim di kantor tersebut, dan apakah dia bisa berkembang dan memliki passion serta akhlak yang baik sebagai seorang programmer.