Cara upload video ke YouTube dari komputer dan smartphone | YouTube adalah situs berbagi video global yang telah menjadi salah satu tempat terbaik untuk bersenang-senang. YouTube menyediakan forum bagi orang untuk saling berhubungan, menginformasikan, berkomunikasi dan menginspirasi seluruh dunia. YouTube bertindak sebagai platform distributif untuk konten asli dan pengiklan kecil atau besar.

upload video youtube

Anda dapat menemukan jutaan trailer film, tutorial, berita, pranks, serial dan lebih banyak. YouTube juga memungkinkan Anda meng-upload video Anda untuk dibagikan kepada seluruh dunia. Anda mungkin telah melihat jutaan video di YouTube yang dibuat oleh orang lain. Apakah Anda pernah berpikir tentang membuat video Anda sendiri dan meng-upload di YouTube?

Jika Anda pernah berfikir untuk ikut mengupload video buatan Anda sendiri ke YouTube, maka jangan ditunda lagi, mungkin inilah saatnya.

Cara Upload Video ke YouTube

Meng-upload video ke YouTube itu cukup mudah. Berikut ini adalah langkah-demi-langkah panduan tentang cara menempatkan video online di YouTube melalui komputer dan setiap smartphone Android atau iOS

Langkah 1: Buat akun YouTube

Buat akun Youtube

Jika Anda belum pernah mengupload video YouTube sebelumnya, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuat akun YouTube. Anda bisa mengunjungi alamat situs www.youtube.com dan klik tombol Sign Up / Daftar yang ada di pojok kanan atas.

Langkah 2: Masuk ke akun YouTube

Setelah Anda membuat akun YouTube, maka selanjutnya adalah masuk ke akun YouTube Anda dengan klik tombol Sign-in lalu masukan username dan password yang sudah Anda buat sebelumnya.

Langkah 3: Cek format file video Anda

Sebelum mengupload video ke YouTube, pastikan Anda mengecek format file video yang Anda miliki, karena YouTube hanya mendukung format video AVI, WMV, MP4, FLV, MKV, MOV, 3GP, WEBM. Jika format video Anda berbeda dengan format-format tersebut, maka Anda perlu mengkonversi terlebih dahulu video tersebut. Ada banyak sekali tool online yang bisa digunakan untuk mengkonversi format video Anda menjadi salah satu dari format video diatas.

cek format file video

Langkah 4: Upload video dan pilih privasi

Pada bagian pojok kanan atas halaman, Anda akan mendapatkan pilihan untuk Upload video. Anda dapat membuat slideshow video atau mengimpor video dari Google Photos.

memilih privasi video

Sebelum meng-upload video, ubah juga pengaturan privasi video Anda. Secara default, sudah diatur sebagai Public yang berarti siapa pun dapat melihat video yang Anda upload. Anda dapat dengan mudah mengubah pengaturan dan mengelola siapa saja yang dapat mengakses video tersebut.

proses upload

Langkah 5: Tentukan judul dan deskripsi video

Mengupload video ke Youtube membutuhkan waktu beberapa menit bahkan sampai beberapa jam, semua tergantung ukuran video serta kecepatan internet yang Anda gunakan. Setelah upload selesai. YouTube akan meminta Anda untuk memasukan judul dengan deskripsi yang lengkap serta memilih kategori video tersebut.

memilih deskripsi video

Langkah 6: Memonetisasi video Anda agar dapat penghasilan

Klik pada tab Monetization dan ceklis pilihan Monetize untuk ditempatkan di video Anda. Hal ini akan memberikan Anda cara yang benar untuk memonetisasi video Anda dan menerima pembayaran iklan yang muncul pada video tersebut. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan uang dari YouTube melalui video Anda.

memonetisasi video youtube

Langkah 7 : Tekan tombol Save

Setelah video Anda selesai di upload, semua deskripsi dan judul sudah ditentukan, maka selanjutnya adalah menyimpan semua pengaturan tersebut dengan menekan tombol Save. Video yang sudah di upload juga bisa Anda embed ke website milik Anda agar semakin banyak orang yang menonton atau membagikannya ke sosial media.

Langkah 8 : Bagikan video

Setelah upload selesai, Anda dapat membagikan video Anda melalui Google+, Twitter, Facebook atau media sosial lainnya, bahkan Anda juga membagikan link video tersebut akan orang lain bisa menontonnya.

share video youtube

Cara Upload Video ke YouTube dari Smartphone

Selain dari komputer desktop, Anda juga bisa menguplaod video melalui smartphone yang Anda miliki, prosesnya sedikit lebih singkat, namun waktu loading yang dibutuhkan mungkin agak sedikit lebih lambat karena kecepatan internet komputer dan smartphone biasanya memang berbeda.

Langkah 1: Masuk ke Akun YouTube

Jika Anda pengguna Android, gunakan aplikasi YouTube resmi yang ada di Play Store, sedangkan untuk pengguna iOS gunakan aplikasi YouTube resmi yang tersedia di App Store. Lalu Sign-in ke akun Youtube Anda menggunakan akun Google dan pilih channel yang Anda inginkan.

Langkah 2: Pilih video

Dari halaman utama YouTube, pilih tab Camera.

tombol kamera

Anda juga dapat merekam video baru atau memilih video yang ada di gallery smartphone Anda. Untuk merekam video baru, teken ikon kamera video berwarna merah dan mulailah merekam.

kamera aktif

Langkah 3: Tingkatkan kualitas video Anda

Anda dapat menambahkan efek ke video Anda langsung di YouTube atau ketika mengupload video menggunakan fitur Enhancement. Apabila Anda menggunakan aplikasi Android dan iOS, peningkatan fitur yang dapat Anda gunakan termasuk memotong video, menambahkan musik ke video tersebut atau memilih filter efek. Setelah selesai memilih semuanya, tekan tombol NEXT.

Langkah 4: Tambahkan judul dan atur privasi

YouTube akan menanyakan Anda tentang judul video dan deskripsinya. Anda juga dapat mengubah privasi video Anda untuk memutuskan siapa saja yang dapat melihat video tersebut nantinya.

Langkah 5: Upload

Setelah Anda selesai dengan semua pengaturan, baik judul, deskripsi, efek dan juga privasi. Maka selanjutnya adalah tekan tombol UPLOAD.

Selamat video Anda sudah berhasil masuk YouTube.