Cara Upgrade versi WordPress via SSH  Sebelumnya kita sudah bisa Mengintall WordPress via SSH, kali ini kita lanjutkan untuk cara upgrade versi WordPress via SSH.

Melakukan upgrade versi wordpress sekarang memang cukup mudah, situs yang menggunakan engine wordpress akan mendapatkan notifikasi langsung di halaman administrator jika ada versi terbaru, dan dengan mengikuti instruksi yang ada maka akan otomatis terupdate.

Namun ada kalanya kita harus melakukan upgrade versi wordpress secara manual, contoh adalah ketika terjadi kesalahan pada script yang ada, terkena hack yang mengakibatkan website atau halaman admin tidak bisa diakses, sedangkan data masih tetap ada. Dengan ini maka upgrade wordpress secara manual jadi sangat dibutuhkan.

Mengupdate wordpress bisa lewat FTP, namun kadang dengan FTP cukup memakan waktu untuk sebagain orang, apa lagi yang telah terbiasa bergerak cepat dengan menggunakna terminal.

Tentunya dis in gin upgrade file wordpress melalui SSH, berikut step-step yang bias diikuti.

ssh user@mydomain.com

Login melalui ssh dengan memasukan username, jika dijalankan maka akan meminta password.

setalah itu download wordpress terbaru dengan perintah wget

wget http://wordpress.org/latest.tar.gz

Setelah itu extract file dengan perinta tar xfz

tar xfz latest.tar.gz

selanjutnya kita hapus dulu folder wp-includes dan wp-admin, sedangkan folder wp-content tidak perlu dihapus, karena jika dihapus data-data yang sudah kita upload sebelumnya akan hilang.

rm -rf ./wp-includes
rm -rf ./wp-admin

selanjutnya adalah memindahkan folder wp-admin dan wp-config, sedangan wp-content tidak perlu karena kalau wp-content kita masukan juga nanti file-file yang sudah kita upload di website akan hilang karena di replace dengan folder wp-content yang masih kosong. Jadi harap berhati-hati.

mv /.wordpress/wp-admin ./
mv /.wordpress/wp-include ./

selanjutnya masuk ke folder wordpress

cd wordpress

dan copy isinya ke root wordpress kita

cp -rpf -f * ../

selanjutnya kembali ke root website dengan perintah

../

dan waktunya menghapus file-file sisa yang sudah tidak terpakai lagi

rm -rt ./wordpress/
rm -f latest.tar.gz

file sudah siap semua, waktunya kita jalankan proses upgrade melalui browser, silahkan akses url berikut ini, sesuaikan dengan nama domain anda.

domain.com/wp-admin/upgrade.php

Selesai..
proses upgrade wordpress telah selesai dengan sukses.

Nantikan tutorial lainnya hanya di JurnalWeb.com