Cara masuk ke sofe mode Android – Bukan hanya komputer yang bisa kita restart ke mode aman (safe mode) dan tidak banyak yang menyadari hal ini. Ini adalah modus pemecahan masalah di Android dimana ketika ini di aktifkan maka semua aplikasi baru dan widget akan di non-aktifkan. Hanya aplikasi yang disertakan saat anda membeli perangkat saja yang dapat di akses (aplikasi standar bawaan ponsel saja).

Untuk melakukan restart anda cukup melakukan hal berikut:

  • Tekan tombol power di ponsel / tablet untuk beberapa lama (tahan) sehingga menu Shutdown muncul.
    power off android
  • Tekan agak lama atau tekan pada pilihan “Power off”, jangan lepaskan jari anda.
  • Setelah itu akan dimunculkan menu pilihan “Reboot to safe mode”.
    Reboot safe mode android
  • Lalu tekan OK dan perangkat anda akan di restart ke mode aman (safe mode).

—-

Setelah masuk ke safe mode, ponsel anda akan menampilkan pesan “Safe Mode” dilayar. Safe mode ini sama hal nya dengan safe mode di PC.

Ketika anda masuk ke “Safe Mode”, anda akan melihat bahwa semua widget yang telah anda install sebelum tidak akan aktif bahkan mungkin tidak terlihat ada disana.

Baca juga:

Tujuan masuk ke opsi safe mode ini sebenarnya adalah untuk menghapus aplikasi yang telah menyebabkan masalah pada ponsel anda, dan untuk tujuan-tujuan lain yang biasanya berhubungan dengan perawatan ataupun pemecahan masalah.

Setelah selesai me restart android ke safe mode, Anda akan melihat bahwa semua aplikasi anda akan kembali muncul dan berfungsi lagi seperti biasanya. Widget dari layar utama mungkin masih hilang dan Anda dapat menempatkan kembali widget tersebut secara manual.