Cara redirect http ke https di WordPress itu tidak sulit untuk dilakukan. Google beberapa waktu lalu mengeluarkan pernyataan bahwa mereka akan lebih memprioritaskan website yang menggunakan https dibanding http saja pada hasil pencarian di website mereka.

Melihat hal tersebut banyak orang mulai beralih dari http ke https yang dianggap lebih aman dan lebih disukai Google, baik untuk SEO dan terlihat lebih kredibel dimata pengunjung.

https URL

Https (Image: rricketts.com)

Catatan: Jika ingin mengubah http ke https, pastikan anda sudah memiliki sertifikat SSL yang bisa diminta ke hosting Anda dengan bayaran tertentu setiap tahunnya.

Untuk Anda yang menggunakan WordPress, beruntung sekali karena WordPress memiliki fitus yang bisa memudahkan proses perpindahan tersebut, karena di WordPress ada fitur pengaturan permalink, jadi dengan ini website tetap bisa SEO friendly.

Kebanyakan website WordPress memiliki settingan struktur URL simpel yang hanya menampilkan judul postingan saja /%postname%/.

RewriteEngine On
RewriteBase /
RewriteRule ^index.php$ - [L]
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule . /index.php [L]

Dengan kode seperti itu tentu URL kini terlihat bagus namun itu tidak memecahkan masalah perpindahan yang kita bahas. Karena URL yang lama perlu ditujukan pada URL yang baru.
Misal
http://www.jurnalweb.com/aku-cinta-kamu
menjadi
https://www.jurnalweb.com/aku-cinta-kamu

Untuk itu kita hanya perlu mengganti isi file .htaccess menjadi seperti berikut ini (hanya menambahkan 2 baris setelah RewriteEngine On)

RewriteEngine On

RewriteCond %{HTTPS} off
RewriteRule (.*) https://%{HTTP_HOST}%{REQUEST_URI} [R,L]

RewriteBase /
RewriteRule ^index.php$ - [L]
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule . /index.php [L]

Cara kerjanya

RewriteEngine On akan memberitahukan Apache bahwa kita akan menggunakan mod_rewrite.

RewriteCond %{HTTPS} off, untuk memeriksa apakah protokol https aktif atau tidak, jika protokol https digunakan maka baris terakhir (RewriteRule) tidak akan berlaku.

Baris terakhir “RewriteRule (.*) https://%{HTTP_HOST}%{REQUEST_URI}” akan memberitahukan server untuk menuliskan ulang bagian pertama http:// ke https://

Dengan bantuan Plugin

Untuk Anda yang tidak ingin repot-repot mengubah file .htaccess maka Anda bisa menggunakan plugin yang bernama Redirect 301.

Plugin Redirect 301 bisa membantu Anda untuk mengubah hal tersebut langsung dari halaman Admin.

Selamat mencoba.