Cara paling mudah memahami struktur kode HTML — Untuk orang yang baru belajar ngoding tentu akan kesulitan untuk memahami kode program, walaupun itu hanya sekedar kode HTML saja. Karena koding itu adalah soal pemahaman dan pengalaman mencoba.

HTML sebagai dasar dari sebuah website tentu harus dikuasai oleh siapapun yang ingin jadi seorang pengembang web atau istilah keren nya web developer. Untuk dapat memahami HTML bisa dari berbagai hal, membaca buku ataupun ebook, membaca artikel di Internet, mengikuti kursus, menonton video dan lain sebagainya.

html vocabulary

Namun ada satu website yang cukup bagus dan unik yang bisa membantu untuk bisa memahami HTML dengan mudah, di website tersebut ditampilkan sebuah skrip HTML secara lengkap dan dibagian kanan terdapat beberapa istilah yang biasanya ada di HTML yang dibuat menyerupai sebuah menu diantaranya “Attribute, Attribute name, Attribute value, dan lainnya”. Jika istilah atau menu tersebut di klik maka pada bagian kiri akan di sorot bagian tertentu yang sesuai dengan istilah tersebut.

Jadi dengan seperti itu orang akan sangat mudah mengetahui istilah dan bagian-bagian dari kode HTML. Anda bisa membedakan mana yang disebut “Attribute”, mana yang disebut “Attribute name”, “Attribute value”, bahkan Anda juga bisa mengetahui mana yang disebut “root”, “tag” dan “element”.

Jika Anda tertarik, Anda bisa mengunjungi situs HTML Vocabulary buatan @sakameis.

Update (29/12/2015) : Untuk versi bahasa Indonesia nya klik disini.

Ngomong-ngomong yang sudah merasa ahli HTML juga mungkin belum mengetahui semua istilah di struktur HTML.

Jadi sekalian saja ya,  selamat belajar HTML.