Cara optimasi SEO toko online — Search engine optimization (SEO) selalu menjadi bahan perbincangan dikalangan penggiat dunia maya, khususnya dikalangan para internet marketer, berbagai macam artikel tentang SEO kita temukan di internet, jumlahnya sudah tidak terhitung lagi, trik nya macam-macam. Namun semua itu tidak menjadi selalu efektif, semua balik lagi kepada pengalaman, percobaan, dan faktor lain.

Khusus untuk website E-Commerce di tahun 2014 ini, menurut jurnal web ada beberapa aturan SEO yang sangat esensial, yang cukup penting untuk dicermati dibanding dengan aturan dan trik SEO lainnya, dan beberapa aturan berikut ini jika Anda terapkan dengan maksimal kemungkinan besar akan membawa website e-commerce Anda pada kesuksesan.

1. Responsive Web Design.

Persentase pengguna internet yang mengakses situs web melalui perangkat mobile (smartphone, tablet, dll) meningkat pesat. Dan itu adalah fakta yang didukung oleh studi, statistik dan sejenisnya. Sebuah desain responsif dan tata letak yang baik dapat bekerja luar biasa untuk SEO. Hal tersebut juga bisa untuk menciptakan user experience (UX) yang baik pada website tersebut.

2. Originalitas

Kita berbicara tentang originalitas dalam deskripsi produk Anda. Google mengambil itu sebagai acuan untuk ditampilkan di hasil pencarian, yang akan mengirim pengunjung ke konten asli di website Anda. Jadi, jangan pernah berfikir menampilkan produk dalam halaman website tanpa ada rincian produk yang jelas dan asli buatan Anda sendiri. Bahkan untuk produk sejenis, buat ini menjadi lebih segar dan original. Kita semua tau kalau ini akan menghabiskan waktu, tapi ini pasti akan terbayar. Anda buktikan saja sendiri.

3. Keyword Research (Meneliti Kata Kunci)

Ini merupakan faktor yang sangat penting dalam prose SEO, jangan pernah meremehkan ini. Cari tau apa yang potensial kostumer Anda cari ketika mereka sedang mencari produk yang Anda tawarkan, sehingga Anda benar-benar dapat mengoptimalkan halaman produk Anda tersebut. Jangan pernah untuk menebak-nebak kata kunci tersebut. Jangan takut, ada alat diluar sana yang bisa membantu Anda untuk itu, seperti Google Keyword Planner. Ini alat gratis yang disediakan oleh google, namun jika Anda memiliki anggaran lebih, Anda akan menemukan lebih banyak lagil.

seo keyword research

4. Optimasi Gambar Produk.

Sejauh ini kita sudah bicarakan tentang teks, namun jangan lupakan gambar yang melekat pada produk Anda. Gunakan gambar yang menarik, jelas, dan ringan. Sesuaikan gambar ini dengan judul produk Anda, berikan nama yang sesuai pada produk tersebut sebelum Anda upload, jangan lupa juga mengisi tag alt untuk memasukan kata kunci yang sesuai dengan produk Anda.

5. Page URLs

Percaya atau tidak, ini merupakan faktor penting juga. Anda perlu membuat URL yang ramah untuk calon pengunjung (mereka harus bisa mengetahui halaman ini berisi tentang apa hanya dengan melihat URL), bukan hanya untuk manusia, URL juga penting untuk mesin pencari, URL harus memiliki kata kunci yang relevan dengan halaman nya, jadi rancang sebaik mungkin URL website Anda, jika Anda menggunakan platform cms seperti wordpress Anda bisa mengatur permalink nya.

Itulah 5 faktor seo terpenting yang mesti anda terapkan pada website e-commerce anda disaat ini, sebenarnya tidak hanya website e-commerce, namun hampir semua website semestinya memperhatikan 5 hal tersebut untuk hasil yang maksimal.