Cara download foto dan video Snapchat orang lain di Android & iPhone | Snapchat saat ini merupakan salah satu aplikasi berkirim pesan, berbagi foto dan video yang sedang digandrungi anak muda. Dirilis pertama kali pada September 2011.

Berdasarkan data tahun 2014, para pengguna Snapchat mengirim 700 juta foto dan video perhari, sedangkan konten Snapchat Stories dilihat sebanyak 500juta kali per hari. Sekarang tentu angka tersebut sudah semakin bertambah.

video snapchat

Snapchat (Image: techradar.com)

Dengan Snapchat seseorang bisa mengambil foto, merekam video, menambahkan teks dan lukisan, dan mengirimkannya ke daftar penerima yang ditentukan pengguna. Kiriman-kiriman tersebut disebut “Snaps”. Pengguna bisa menetapkan batas waktu tersediannya sebuah snap, dulu batasnya 1 sampai 10 detik, namun sekarang bisa lebih dari sehari.

Namun pembatasan tesebut membuat orang jadi penasaran. Banyak orang yang ingin menyimpan atau mendownload sebuah snaps kiriman dari orang lain, karena takut nantinya tidak bisa lagi melihat foto/video menarik yang dikirim orang lain tersebut. Namun sayangnya Snapchat tidak menyediakan fitur untuk menyimpan video maupun foto. Jadi jika ingin mendownload maka harus menggunakan bantuan aplikasi lain.

Tulisan kali ini akan memberikan sedikit trik untuk mendownload foto atau video yang ada di snapchat.

Cara mendownload foto Snapchat

Cara paling mudah untuk mendownload foto kiriman orang lain di Snapchat adalah dengan melakukan capture layar. Cara mengambil tampilan layar atau screen capture pada tiap smartphone bisa berbeda-beda. Pada perangkat yang penulis gunakan, cukup menekan kombinasi tombol power dan volume. Cara capture layar untuk smartphone milik Anda, bisa Anda cari di buku panduan atau di Google sesuai merek perangkat yang digunakan.

Cara mendownload video di Snapchat

Untuk download video di Snapchat bisa menggunakan dua aplikasi bantuan, yaitu:

Jadi logikanya adalah, putar video kiriman seseorang di Snapchat, lalu rekam layar smartphone Anda ketika video tersebut sedang dimainkan. Setelah itu, potong video untuk mengambil bagian yang penting saja.

1. Download dan Install kedua aplikasi EZ Screen Recorder dan VidTrim di smartphone Android Anda.

2. Buka Aplikasi SnapChat

3. Buka Aplikasi EZ Screen Recorder

4. Klik tombol bulatan warna merah yang ada di aplikasi EZ Screen Recorder

Merekam untuk menyimpan video Snapchat

Merekam untuk menyimpan video Snapchat

5. Klik video Snapchat yang ingin direkam, lalu biarkan hingga selesai

6. Klik Stop pada aplikasi EZ Screen Recorder jika video sudah selesai diputar (karena full screen, biasanya tombol stop tersembunyi dibagian atas layar, jadi harus di geser kebawah).

7. Sampai disini video sudah berhasil di rekam, namun gerakan-gerakan yang lain di layar smartphone juga ikut terekam, oleh karena itu potong bagian yang tidak perlu menggunakan aplikasi VidTrim.

* Sebenarnya EZ Screen Recorder juga punya fitur TRIM (memotong) video, namun berbayar.

Memotong Video Hasil Rekaman

8. Buka aplikasi VidTrim.

9. Klik pada video yang baru saja di rekam

10. Klik Trim (ditandai dengan icon gunting berwarna biru)

Memotong video dengan VidTrim

Memotong video dengan VidTrim

11. Lalu tentukan bagian awal dan akhir video yang akan dibuang, untuk memastikan sudah benar atau belum Anda bisa klik tombol Play.

Memotong video dengan VidTrim

Memotong video dengan VidTrim

12. Potong video dengan klik ikon gunting bertuliskan TRIM yang ada dibagian atas

13. Selesai….Video Snapchat sudah berhasil disimpan di folder VidTrim, Anda bisa lihat folder tersebut di Gallery.

– Baca juga: Cara download video Instagram di Android & iPhone

Menyimpan Video Snapchat di iPhone

Bagi Anda yang menggunakan iPhone, untuk merekam gerakan di layar bisa menggunakan aplikasi QuickTime Player, sedangkan untuk memotong video hasil rekamannya bisa menggunakan Video Trim & Cut atau MovieTrim.

Motodenya sama saja dengan cara yang digunakan diatas, hanya aplikasinya saja yang berbeda.

Selamat mencoba…