Ingin atau butuh untuk menggunakan internet di laptop, namun WiFi tidak ada, atau modem ketinggalan dirumah. Jangan khawatir, Anda bisa menjadikan iPhone Anda sebagai modem.

iPhone 3GS, 4, 5, 5S ataupun iPhone 6/6 Plus, semuanya apabila jenis iPhone tersebut sudah memiliki iOS ataupun iOS 7, maka Anda bisa menggunakan iPhone tersebut untuk menjadi modem wifi ataupun modem usb untuk digunakan di laptop maupun komputer Anda dengan sistem operasi Windows 7, 8 dsb.

Berikut ini langkah menjadikan iPhone sebagai modem

1. Pertama pastikan dulu komputer ataupun laptop Anda yang akan menggunakan ponsel iPhone sebagai modem sudah terinstall iTunes (itu jika ingin menjadikan iPhone sebagai modem USB). Namun apabila ingin mengakses iPhone sebagai modem WiFi maka tidak perlu menginstall iTunes.

2. Selanjutnya pastikan internet sudah aktif (sebaiknya jangan gunakan pulsa reguler tanpa paket internet, bisa cepat habis pulasanya, jadi pastikan Anda mendaftar paket internet di iPhone tersebut).

3. Lalu aktifkan paket data 3G nya (atau lebih misal 4G).

4. Aktifkan fitur personal hotspot di iPhone Anda (kalau di ponsel Android biasanya dikenal dengan Tethering & Portable Hotspot)

Caranya: Pilih SettingsGeneralCellularPersonal Hotspot

iphone hotspot modem

Image: cdn.tinkertry.com

Untuk jadikan ponsel iPhone sebagai modem di iOS 7, pilih menu SettingsPersonal Hotspot.

iphone hotspot modem 2

5. Selanjutnya silahkan pilih apakah ponsel iPhone tersebut akan dijadikan modem melalui USB atau bisa juga di sharing dengan menggunakan Bluetooth dan WiFi.

iphone hotspot modem

 

* Jangan lupa untuk mengganti ganti WiFi Password nya dengan password yang unik namun mudah Anda ingat agar tidak susah ketika ingin terhubung.

Itulah cara singkat menjadikan iPhone sebagai modem yang bisa Anda gunakan untuk internetan di Laptop ataupun PC Anda, semoga membantu.