Cara menjadi geek komputer — Computer Geek atau geek komputer adalah seorang yang sangat antusias dengan dunia komputer, dan ingin mempelajari berbagai hal tentang dunia komputer hingga menjadi ahlinya. Banyak orang yang menyebut dirinya sebagai geek, padahal pengetahuannya tentang komputer itu sendiri masih sedikit sekali, mereka tidak benar-benar ahli dalam bidang komputer.

geek komputer

Ilustrasi geek komputer (Image: chaaps.com)

Dikenal oleh orang lain sebagai geek komputer tentu saja memiliki banyak keuntungan. Banyak sekali permintaan jasa atau pekerjaan yang bisa dilakukan oleh seorang geek komputer. Bahkan jika Anda mendalami sekali dunia komputer geek ini, maka bisa membuat Anda memiliki pekerjaan dengan bayaran yang sangat tinggi, terutama untuk pekerjaan administrator jaringan.

Ada beberapa hal yang harus diketahui agar Anda bisa disebut atau menyebut diri Anda sendiri sebagai geek komputer sejati, seperti jurnal web rangkum dari berbagai sumber, supaya tidak hanya ngaku-ngaku geek tapi gak bisa apa-apa.

1. Belajar apa itu hardware

Hardware atau perangkat keras adalah komponen fisik dari sebuah komputer serta media yang dapat menghubungkan antara komputer dengan media lain, atau bahkan dengan komputer lain.

2. Mempelajari apa itu software

Software atau perangkat lunak adalah seseuatu yang membuat komputer bisa berjalan, bentuknya bisa berupa sistem operasi, aplikasi atau protokol.

3. Memahami spesifikasi teknis sebuah komputer

Setiap komputer memiliki spesifikasinya masing-masing, meskipun bentuk dan hardware nya sama, namun serinya bisa berbeda. Seorang geek biasanya paham spesifikasi sebuah komputer. Bagus tidaknya performa sebuah komputer sangat tergantung dari spesifikasinya. Anda bisa mencoba aplikasi seperti CPU-Z untuk memahami hal ini.

4. Belajar cara menggunakan command line komputer

Mempelajari command line komputer (MS DOS Prompt/Command Prompt di Windows, Teminal atau Konsole di Linux) adalah hal yang cukup penting untuk meningkatkan efisiensi kerja Anda di komputer. Untuk sistem operasi berbasis UNIX / BSD ini merupakan hal yang sangat penting untuk dikuasai oleh seorang geek. Jika anda ingin mempelajari perintah-perintah yang sering di gunakan di command line, Anda bisa baca postingan terdahulu tentang 24 Perintah Linux Terminal / Command Linux Untuk Pemula.

5. Belajar mengetik tanpa melihat keyboard

Ini tidak terlalu penting, namun ini bisa meningkatkan efisiensi kerja Anda di komputer, dan membuat Anda terlihat lebih mahir, keren sekali bisa ngetik cepat dengan 10 jari :)

6. Tidak segan untuk bertanya

Seorang geek tidak malu bertanya, jika melihat seseorang melakukan sesuatu pada komputer dan Anda ingin mengetahuinya, tanyakan tentang hal tersebut.

7. Belajar bahasa pemrograman

web developer programmer

Web Developer (Image:blog.hackerearth.com)

Ini merupakan sesuatu yang sangat penting untuk dilakukan. Ada banyak sekali bahasa pemrograman komputer yang bisa dipelajari. Anda bisa mulai dengan belajar bahasa pemrograman dasar seperti Basic atau Pascal, sekedar untuk melatih logika dan belajar algoritma. Selanjutnya mungkin bisa belajar C, C#, Java, dan lainnya. Selain itu, belajar HTML, JS, CSS untuk membuat website juga bisa menjadi pilihan.

8. Belajar dasar-dasar perbaikan komputer

Ini sangat berguna untuk dipelajari, seorang geek jika komputer nya rusak tentu akan memperbaikinya sendiri. Tidak perlu memanggil teknisi hanya untuk sekedar memasang modem, atau membersihkan debu yang ada di dalam komputer pribadi. Bahkan jika komputer adik tiba-tiba tidak bisa digunakan untuk print dokumen atau tidak bisa terkoneksi dengan jaringan yang ada di rumah, serahkan semua pada sang kakak yang seorang geek, tentu akan menghemat biaya dibanding harus panggil teknisi.

9. Bekerja dengan orang lain dan masalah komputer mereka

Belajar tentu tidak hanya dilakukan sendiri, namun pelajaran juga bisa diperoleh dari orang lain. Berinteraksi dengan pengguna PC lainnya, Anda mungkin akan menemukan bahwa merkea tahu hal-hal yang tidak Anda ketahui dan begitupun sebaliknya. Namun seorang yang ingin menjadi geek, tentu ingin mengetahui lebih banyak tentang komputer dari teman pada waktu-waktu tertentu.

10. Bantu problem komputer orang lain

Tidak hanya akan membangun citra Anda sebagai geek dimata orang lain, namun ini bisa menjadi latihan dan akan membantu Anda untuk mempelajari situasi dan problem yang sebelumnya tidak Anda bayangkan.

11. Belajar cara menginstall dan upgrade driver untuk berbagai jenis hardware

Belajar masalah driver ini tentu akan sangat membantu ketika Anda ingin menginstall ulang sistem operasi, karena biasanya ketika selesai proses instalasi, tidak semua hardware / perangkat keras komputer berjalan dengan normal, misalnya perangkat printer tidak bisa jalan kalau drivernya belum di instal, atau bahkan tidak bisa mendengar musik, karena driver sound card nya belum diinstal.

12. Belajar mengenali malware (virus komputer, spyware, hal jahat lain)

Seorang geek harus paham juga tentang virus dan cara mencegah serta mengatasinya. Bisa dengan menginstal anti virus atau dengan lebih hati-hati dalam menggunakan komputer dan aplikasi tertentu. Tidak sembarangan dalam menggunakan sebuah media seperti USB Drive, bluetoot, ataupun tersambung ke jaringan WiFi gratisan yang belum tentu aman.

13. Belajar mengenai firewall

Belajar menggunakan firewall dengan baik agar komputer aman dari serangan orang-orang jahat yang mencoba untuk menguasai komputer Anda dan mencuri data-data penting. Orang yang tidak paham akan kesulitan menggunakan firewall ini. Seorang geek harusnya tidak kesulitan tentang hal ini.

14. Menggunakan sistem operasi open source

sysadmin linux

Ilustrasi sysadmin linux (Image: roberthalf.de)

Sebagaian besar geek komputer akan menggunakan sistem operasi open source seperti BSD atau Linux, karena ini gratis untuk digunakan, dan memungkinkan mareka untuk melakukan hal-hal yang biasanya dilakukan oleh seorang geek, seperti membuat program, menjalankan server dan bekerja dengan command line interface (CLI) untuk mengelola komputer dan servernya.

– Baca juga: Mac OSX Sistem Operasi paling banyak digunakan Developer saat ini

15. Mahir menggunakan shortcut

Orang biasa tentu akan menggunakan komputer dengan cara-cara standar, menggunakan mouse, lalu klik-klik saja, sedangkan soerang geek tentu bisa lebih efisien dalam menggunakan komputer, mereka paham penggunaan shorcut atau kombinasi kode yang ada dikomputer, jadi akan terlihat lebih capat dalam bekerja jika dibandingkan dengan pengguna komputer biasa.

16. Mahir internet

Geek tentu paham seluk-beluk internet, bahkan seorang geek terkadang juga bisa melakukan hal-hal yang biasanya dilakukan seorang hacker, seperti menganalisa keamanan sebuah server, percobaan penetrasi untuk mengetahui celah melalui internet.

17. Tetap simpel dan fokus

Tinggalkan hal-hal ribet dan terlalu rumit. Namun, tetap fokus untuk belajar pengetahuan dan keterampilan yang perlu untuk Anda pelajari saja. Jangan loncat-loncat terlalu jauh. Banyak orang ingin jadi ahli jaringan komputer, namun belajar juga tentang desain web, akhirnya tidak satupun yang dia kuasai dengan maksimal.

18. Memperluas pengetahuan.

Geek komputer mungkin bukan seseorang yang sangat cerdas untuk belajar sesuatu yang baru tentang komputer. Memang benar seorang geek selalu belajar, namun ketika mereka tidak mengerti, selalu bertanya untuk mendapatkan bantuan, yang akhirnya akan menambah pengetahuannya. Geek akan mengumpulkan pengetahuan dari manapun, baik itu membaca di wikipedia, bergabung dengan forum komputer, fokum bahasa pemrograman, mereka juga terlibat untuk bertanya dan juga menjawab pertanyaan orang lain yang mengalami kesulitan.

19. Belajar matematika komputer

Seorang geek pastinya orang yang mengetahui tentang perhitungan yang umum ada di komputer, seperti 1 byte itu adalah 8 bit. Mereka juga akan mengetahui dengan baik satuan seperti kilobyte(KB), megabyte(MB), gigabyte(GB) atau bahkan terabyte(TB). Geek juga tidak akan bingung jika ditanya hal-hal dasar tentang oktal, desimal dan heksadesimal, serta bagaiman menkonversinya satu-sama lain, geek juga paham soal bilangan biner, hm..dan pixel sedikit banyak juga ngerti lah pastinya.

20. Tau banyak tentang trik komputer

Seorang geek tentu memiliki banyak trik komputer yang tidak diketahui oleh pengguna komputer biasa, itulah yang membedakan. Misalnya seorang geek tau bagaimana trik agar komputer jadi lebih cepat kinerjanya, mereka juga mengetahui fitur-fitur tersembunyi yang ada di sistem operasi, seperti mengedit registry di windows untuk melakukan beberapa perubahan pada sistem operasi yang digunakan, atau bahkan komputernya memiliki tampilan yang lebih keren dibanding pengguna biasa karena mereka mengetahui aplikasi-aplikasi yang bisa mempercantik tampilan desktop. Seorang geek juga punya trik bagaimana membuka password, baik itu sistem operasi yang terkunci atau aplikasi yang diberi password.

Ternyata sangat banyak hal-hal yang harus dikuasai jika ingin menjadi seorang geek komputer yang sejati, bukan abal-abal yang hanya bisa menggunakan komputer sepanjang hari, namun ketika rusak sedikit tidak mengerti cara memperbaikinya.

Jangan sampai salah pengertian juga tentang geek komputer ya, seorang geek komputer bukanlah orang yang berkomunikasi di chat room dengan menggunakan kode seperti ROFT, 1337 dan lainnya, selain itu geek komputer juga bukan orang yang suka membuat virus bohongan dengan menggunakan file batch misalnya, namun seorang geek adalah orang yang memiliki ketertarikan alami serta memiliki passion tentang teknologi komputer dan ingin mempelajari apapun yang berhubungan dengan bidang tersebut yang nantinya digunakan untuk hal-hal yang positif.