Cara Meningkatkan Kecepatan Komputer Lambat #2 — Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mempercepat kinerja komputer Anda agar tidak mengganggu produktivitas dalam bekerja serta tidak membuat Anda stres karena menunggu loading komputer yang semakin melambat.

komputer lambat

Komputer Lambar (Foto: internap.com)

Melanjutkan artikel sebelumnya tentang 10 Cara Meningkatkan Kecepatan Komputer Lambat, seperti yang dilansir Telegraph Rabu (29/4/2015), berikut ini adalah tips lain yang bisa anda ikuti dan terapkan di komputer anda agar kinerja dan kecepatan komputer menjadi lebih cepat.

Artikel ini lanjutan dari : 10 Cara Meningkatkan Kecepatan Komputer Lambar #1 

6. Gunakan RAM Dengan Kapasitas Besar

RAM atau Random Access Memory ialah perangkat keras yang digunakan oleh komputer untuk mengekseskusi program yang berbeda-beda. Semakin banyak banyak program yang komputer anda gunakan, maka semakin besar kapasitas RAM yang diperlukan. Apabila kapasitasnya kurang, maka komputer bisa menjadi lambat saat Anda mengakses file atau aplikasi yang berukuran besar.

7. Gunakan Fitur Disk Defragment

Komputer yang melambat bisa terjadi karena file sistem yang bertebaran dan tidak beraturan, sehingga saat proses berjalan komputer sibuk memilih-milih file tersebut, anda bisa menggunakan fitur Disk Degragment untuk merapihkan file sistem tersebut. Cara untuk mengakses fitur tersebut adalah dengan masuk ke My Computer, klik kanan pada Hard Drive dan pilih Properties, lalu dibawah tombol Tools terdapat tombol Defragment Now.

8. Jalankan Fitur Clean Up

Di Windows terdapat fitur Disk Cleanup, dimana fitur ini bisa mencari melalui file sistem untuk menemukan file yang tidak diperlukan seperti internet temporer, program instalasi dan lain sebagainya. Untuk mengaksesnya, Anda bisa buka Start > All Programs > Accesories > System Tools > Disk Cleanup

9. Terapkan IP Statis Komputer

Saat komputer startup, maka sistem akan menghabiskan beberapa waktu untuk mencari tau informasi jaringan untuk mendapatkan alamat IP. Memiliki IP statis tidak hanya membuat jaringan lebih mudah dalam melakukan pengaturan, tetapi juga mempercepat waktu startu up komputer.

Caranya anda bisa mengakses Network and Sharing Center dan pilih Change Adapter Settings. Kemudian klik kanan pada adapter lokal komputer Anda, dan pilih Properties. Kemudian anda perlu perhatikan terkait judul “Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4)” dan pilih tombol properties.

Pada kolom ‘Use the following IP address‘, masukan IP, subnet mask dan default gateway secara benar, sesuai dengan jaringan Anda. Untuk menemukan IP, subnet mask dan default gateway, pengguna bisa mengakses Start, kemudian Run dan mengetikkan cmd. Pada modus command prompt, ketika ipconfig/all dan tampilan IP akan muncul.

10. Membersihkan Komputer dari Debu

Tidak selalu file menumpuk di dalam komputer yang membuat komputer menjadi lambat, debu-debu yang menempel dan menumpuk di komputer anda juga bisa mengganggu performa hardware. Debu bisa mengganggu aliran udara, sehingga menyebabkan komputer anda cepat panas / overheating. Bila panas terlalu berlebihan performa komputer bisa jadi akan melambat.

Semoga artikel ini bisa membantu meningkatkan kecepatan komputer anda, apabila ada tips dan trik lain yang menurut anda berguna untuk meningkatkan kinerja komputer, silahkan berikan komentar anda pada kolom dibawah ini.