Trik mengoptimalkan desain website dengan foto potret berukuran besar — Apa yang pertama kali anda lihat dan anda ingat ketika bertemu dengan seseorang? persentase paling besar tentulah mukanya, selanjutnya mungkin warna kulit, tinggi, dll. Muka menjadi tembok paling depan, muka yang ramah, muka yang berkarakter tentu sangat mudah untuk di ingat oleh orang yang memandang.

Dalam dunia web desain ternyata muka seseorang juga bisa dimanfaatkan untuk menarik perhatian pengunjung. Dengan kecepatan koneksi internet saat ini yang semakin membaik, penggunaan gambar yang berukuran besar mulai sering diterapkan, penggunaan potret muka seseorang yang di close-up ternyata 2 tahun belakangan ini menjadi trend yang cukup digemari oleh para desainer web dari berbagai penjuru dunia.

Banyak website yang terlihat menarik dengan menerapkan hal tersebut, kita mengetahui bahwa citra yang kuat pada website adalah kunci. Penggunaan gambar muka yang besar bisa menekan penggunaan teks, hal ini bisa menuntun mata pembaca untuk menelusuri halaman dan dapat membuat keseimbangan antara informasi visual dan tertulis.

Gambar yang besar merupakan bagian dari visual desain, dan sebenarnya apa fungsi visual ini dalam sebuah website?

  1. Potret bertanggung jawab untuk mendukung konten website. Mereka mengkomunikasikan ide-ide bisnis dan membantu membangun hubungan visual yang kuat dengan pengunjung.
  2. Prioritaskan Informasi. Aksen visual banyak digunakan untuk menggaris bawahi poin-poin kunci.
  3. Panduan Melalui Website – Visual yang baik dan terorganisir merupakan bagian dari kemudahan navigasi karena dapat menunjukan kepada pengunjung cara untuk mengikuti alur website.

Dukungan visual yang baik dari setiap desain dapat membuat website tampil lebih menarik dan menciptakan rasa pada pengunjung dan itu bisa menawarkan pada pengunjung untuk menikmati nya. Foto, ikon, tombol, latar belakang – semua elemen tersebut menyusun bagian visual dari tata letak.

Memasukan gambar latar belakang besar pada website adalah salah satu teknik yang sudah berkembang luas. Mereka dapat diimplementasikan dalam header website, konten website (bagian dari postingan pada sebuah blog) atau diseluruh bagian website (full satu layar komputer).

Baca juga: Bagaimana Website Bisa Bercerita dan Memberi Pengalaman Pada Pengunjung

Foto potret close-up adalah salah satu trend desain website saat ini. Anda salah jika berfikir bahwa hanya fashion atau foto proyek yang memanfaatkan ini. Website bisnis, pendidikan, kesehatan, dan website bertema seni sukses menerapkan gambar potret untuk membuat desain mereka lebih personal, memberikan sentuhan unik yang bagus untuk mereka dan meningkatkan hubungan dengan pengunjung. Sebenarnya itu adalah tujuan utama (bersama dengan efek visual) menggunakan close-up potret. Ketika desainer memilih potret yang bagus dan sesuai dengan keseluruhan tampilan website, yang disebutkan diatas maka misi dianggap tercapai. Mari kita lihat hal tersebut dilakukan di beberapa website dibawah ini.

 

David Hellmann

David-Hellmann

 

The Green Soccer Journal

The-Green-Soccer-Journal

 

Beards

Beards

 

Paintbox

Paintbox

 

Code42

Code42

Kennedy

Kennedy

 

Eazers

Eazers

 

Locals Appare

Locals-Apparel

 

Edita’s Casting

Editas-Casting

 

Julia Gavrilova

Julia-Gavrilova

 

Van Schnider

Van-Schnider

 

Bryter

Bryter

 

Daniella Draper

Daniella-Drapper

Sudah anda lihat satu per satu demo website nya? Luar biasa keren bukan? gambar yang baik memang pemikat yang baik pada sebuah website, tapi perlu dipertimbangkan untuk membuat gambar besar tersebut menjadi lebih kecil ukuran file nya, mungkin di kompres atau pemilihan format gambar juga bisa mempengaruhi ukuran file. Diperlukan kebijakan web designer agar website tampil oke namun tetap tidak menyusahkan pengunjung dengan load website yang berat.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan dari contoh-contoh website diatas adalah, penggunaan gambar yang besar akan terlihat sangat baik jika menggunakan font yang baik pula. Anda bisa menggunakan Font Terbaik dan Populer Untuk Website, atau  bisa juga membuat font anda sendiri dengan Software dan Alat Gratis Untuk Membuat Font Sendiri ini.

Jadi apakah anda sudah siap dengan kamera anda? kalau sudah siap mari ambil gambar terbaik untuk proyek website yang sedang anda kerjakan :) Semoga membuat website anda tampil lebih mewah, lebih memikat, memberi pengalaman kepada pengunjung dan lebih mudah untuk di ingat, website yang mudah di ingat mudah untuk dikunjungi kembali dilain waktu, contohnya seperti website jurnalweb.com ini, semoga anda mudah mengingatnya dan sering berkunjung kesini :)

(btw)