Cara menghilangkan goresan di kamera handphone — Jika Anda sering mendapati hasil jepretan kamera ponsel Anda tidak maksimal, bisa jadi hal tersebut karena ada kesalahan pada kamera ponsel Anda.

Kemungkinan yang bisa terjadi pada kamera Anda adalah terdapat goresan halus atau baret yang bisa mengakibatkan hasil foto yang telah Anda jepret menjadi tidak maksimal dan buram, bahkan bisa jadi kamera Anda sulit untuk menangkap objek sesuai dengan fokus yang ditargetkan.

smarthone camera

Kamera Smartphone (Image: cnet.com)

Kondisi tersebut bisa terjadi karena posisi kamera handphone yang biasanya ada dibelakang ponsel sering mengalami benturan dengan permukaan, terkena debu, tergesek ketika akan dimasukan ke saku celana atau bahkan terkena objek kecil.

– Baca juga: 4 Kamera Untuk Membuat Video 360 Derajat

Dikutip dari Androidbeat pada Senin (3/8), diungkap bahwa goresan yang terdapat pada lapisan oleophobic coating, lapisan tersebut bukan berasal dari lensa kamera, jadi cukup mudah dan memungkinkan bagi para pengguna untuk bisa menghilangkan goresan tersebut dengan mudah, caranya cukup dengan pasta gigi.

Caranya mudah, pertama siapkan cotton bud dan pasta gigi sekucupnya. Ambil pasta gigi tersebut dan olesi ke lensa kamera belakang secara menyeluruh. Hati-hati jangan sampai pasta gigi yang digunakan terlalu banyak agar tidak luber ke lapisan belakang handphone Anda.

– Baca juga: Top 5 Aplikasi Kamera Android Terbaik

Setelah pasta gigi dioleskan, gunakan cotton bud untuk meratakannya pada lensa kamera Anda.

Oleskan dengan cara memutar searah jarum jam, lalu diamkan sejenak. Setelah semua proses selesai, gunakan kain khusus microfiber yang disertai sedikit air guna membersihkan sisa-sisa pasta gigi yang masih menempel. Selamat mencoba, semoga setelah itu hasil jepretan kameranya jernih lagi ya.