Cara menghasilkan uang dengan WordPress ada berbagai macam bidang yang bisa Anda pilih. WordPress saat ini sudah menjadi CMS paling banyak digunakan di Internet. Bisa dibilang WordPress sudah menguasai sebagian besar engine yang digunakan website-website yang ada di dunia maya.

Begitu populernya WordPress tentu tidak lepas dari kemudahan yang ditawarkan. Sampai-sampai orang yang tidak paham koding pun bisa dengan mudah membuat website dengan WordPress.

Semakin banyak pengguna WordPress, tentu peluang usaha dan peluang mendapatkan uang dari WordPress semakin terbuka. Mempelajari WordPress bisa menjadi hal yang menguntungkan.

wordpress money uang

Ilustrasi WordPress dan uang (Image: wpstand.com)

Ada banyak sekali pintu untuk mendapatkan uang dari berbagai bidang yang bisa dilakukan dengan WordPress.

Berikut ini adalah beberapa cara mendapatkan uang dengan WordPress.

1. Menghasilkan uang dengan menjadi developer dan designer

Anda bisa mendapatkan uang dari pengembangan WordPress, bisa dengan menjadi WordPress developer maupun menjadi designer.

Untuk Anda yang mahir dalam urusan koding, khususnya PHP, maka akan sangat mudah terjun ke bidang ini, karena WordPress juga dibuat dengan PHP.

Anda bisa memberikan jasa pembuatan website dengan wordpress dengan desain yang bagus. Untuk menunjang hal tersebut, Anda setidaknya harus memiliki sebuah website portfolio yang terlihat profesional, pajang hasil karya anda yang pernah Anda buat dengan WordPress dan tulis tentang bisnis dan jasa-jasa yang bisa Anda layani lainnya.

2. Jasa Review

Jika Anda memiliki website yang dibuat dengan WordPress, Anda bisa membuka jasa review produk atau jasa.

Jasa review tersebut bisa berupa artikel, atau konten lainnya.

Konten bisa Anda yang buat, bisa juga pemilik produk yang buat dan Anda tinggal posting.

Namun untuk jasa review ini, sebaiknya website Anda harus memiliki nilai dulu, bisa berupa ranking yang bagus atau pengunjung yang ramai. Semakin sukses website Anda, harga sekali review tentu akan semakin mahal.

3. Maintenance dan support WordPress

Seperti sudah disebutkan diawal tulisan bahwa wordpress adalah CMS yang paling banyak digunakan. Fakta tersebut tentu saja membuka peluang untuk membuka jasa maintenance atau support WordPress.

Anda bisa membuka jasa perawatan, optimasi, perbaikan, atau pengembangan fitur website yang dibuat dengan WordPress tersebut.

Bentuk jasa maintenance atau perawatannya bisa perkasus atau perawatan pertahun, misalnya bayar perkasus Rp1 juta atau pertahun Rp10 juta.

4. Layanan hosting WordPress

Sudah banyak diluar sana penyedia jasa hosting khusus WordPress seperti WP Engine, iPage for WordPress, Bluehost for WordPress dan lain sebagainya.

Hosting khusus WordPress memang diperlukan karena WordPress memang kerap kali melakukan update sistem yang terkadang tidak di support oleh web hosting biasa.

Dengan membangun layanan hosting khusus WordPress maka bisa menjadi peluang tersendiri untuk Anda. Kebetulan web hosting khusus WordPress di Indonesia belum ada lho. hm…..

– Baca juga: 5 Tips Cara Memilih Web Hosting Yang Bagus Baik dan Benar

5. Layanan penulisan artikel / copywriter

Sebuah website yang dibuat dengan WordPress biasanya kebanyakan berbentuk blog, blog tentu membutuhkan konten yang biasanya berupa artikel, video, audio dan lainnya.

Terkadang pemilik website suka bingung memasukan konten apa bagi websitenya, tidak ada ide tentang apa yang menarik untuk diposting di website nya.

Kondisi seperti itu banyak sekali terjadi, disitulah peluang Anda untuk membuka jasa pembuatan konten untuk blog WordPress tersebut.

Untuk membuka jasa ini, Anda harus bisa menulis dengan baik dan tulisan Anda harus memenuhi kriteria tertentu, misalnya panjang artikel nya harus ditentukan, harus mengandung keyword tertentu dan baik untuk SEO.

6. Jasa SEO WordPress

hasil pencarian google

Contoh hasil pencarian Google

Website yang dibuat dengan WordPress belum SEO friendly, banyak pengguna WordPress yang gagal untuk menyukseskan website karena pengunjung tak kunjung ramai.

Masalah tersebut banyak terjadi saat ini, ribuan pengguna WordPress membutuhkan jasa Anda yang pandai mengelola SEO website WordPress.

– Baca juga: 5 Kesalahan SEO Yang Sering Dilakukan Blogger Pemula

Untuk hal ini tentu Anda harus memiliki keahlian dan pengetahuan seputar SEO dan pandai memanfaatakan resources seperti plugin yang cocok, karena plugin untuk SEO WordPress juga banyak tersedia.

7. Menjual produk digital (theme, plugin)

Sebuah website yang dibuat dengan WordPress tentu saja membutuhkan sebuah tampilan yang menarik, disitulah peluang Anda.

Anda bisa membuat theme WordPress atau plugin WordPress lalu menjualnya kepasaran.

Untuk melakukan hal tersebut Anda bisa memasarkan produk digital seperti theme wordpress atau plugin tersebut di website besar atau biasa disebut Marketplace seperti ThemeForest, Codecanyon, maupun Creativemarket.

Bisa juga di website Anda sendiri lho, keuntungan yang didapat pastinya tidak dibagi dua, kalau di marketplace biasanya akan dibagi dengan persentase tertentu.

8. Toko online

Menjual produk secara online saat ini semakin marak dilakukan, transaksi yang semakin mudah, akses internet yang super cepat, membuat website ecommerce menjamur.

Toko online (image:blog.azoft.com)

Toko online (image:blog.azoft.com)

Anda juta bisa menjadi seorang pengusaha dengan berjualan online dengan memanfaatkan WordPress. Anda bisa menjual baju, kerajinan tangan, peralatan bayi, obat kesehatan dan lain sebagainya.

– Baca juga: Cara Meningkatkan Pengunjung dan Penjualan Toko Online

Untuk melakukan itu tersedia banyak plugin seperti WP-Ecommerce maupun Woocommerce, atau berjualan dengan cara konvensional juga bisa, cukup cantumkan gambar produk, lalu sertakan nomor kontak untuk melakukan pemesanan melalui SMS atau Chatting Whatsapp, BBM, LINE, dll.

9. Situs membership dan pelatihan berbayar (tutorial premium)

Dengan menggunakan WordPress kita bisa membangun website membership, dengan website ini konten yang ada hanya bisa diakses oleh orang yang sudah menjadi anggota / member. Untuk menjadi member Anda bisa menggunakan tarif tertentu, baik persesi atau perbulan.

Sudah banyak website yang sukses menerapkan ini, sebut saja Tuts+, Team Treehouse, dan lainnya.

Jenis tutorialnya bisa bermacam-macam, bisa tutorial komputer atau tips lain yang berguna untuk mempermudah hidup para member Anda.

Untuk membuat website membership bisa dengan menggunakan WordPress namun perlu ditambahkan plugin khusus seperti Paid Membership Pro atau MemberPress. Plugin lain jg ada kok, tinggal cari kata kunci “membership” saja di pencarian plugin WordPress.

Dibutuhkan ketekunan untuk berhasil dalam bidang ini, Anda juga harus bisa kreatif dalam memilih judul. Untuk mempermudah usaha, tentunya Anda perlu beberapa orang partner.

10. Konsultasi WordPress

Jasa konsultasi dibidang apapun pasti ada, bidang keuangan, dekorasi rumah, IT, dan lain sebagainya.

Untuk bidang IT tentu dibagi-bagi lagi menjadi berbagai segmentasi, salah satunya konsultasi WordPress.

Anda bisa membuka jasa konsultasi WordPress, dimana orang bisa bertanya apapun dan meminta masukan untuk keberhasilan websitenya yang dibuat dengan WordPress, tentu dengan tarif yang telah Anda tentukan.

Untuk berhasil dibidang ini, Anda perlu memiliki portfolio website yang pernah sukses Anda tangani.

11. Pemasangan iklan

Ini mungkin yang paling populer untuk dilakukan saat ini. Yap, dengan memanfaatkan WordPress, Anda bisa membuat sebuah website yang bisa menghasilkan uang dari iklan yang dipasang di website Anda.

Ada berbagai macam program iklan, namun yang paling populer tentu saja Google Adsense.

google adsense

Google Adsense (Image: imkindabigdeal.com)

Silahkan daftarkan website Anda ke Google Adsense, dan pasang iklan di website Anda. Anda akan bisa mendapatkan uang setiap iklan di klik oleh pengunjung. Harga iklannya bisa bermacam-macam, semua sudah diatus oleh Google dan para pengguna AdWord.

– Baca juga: Tutorial Cara Daftar Google AdSense Agar Cepat Diterima

Selain Google Adsense ada juga BuySellAds, atau yang buatan lokal juga ada seperti KumpulBlogger atau KlikSaya.

Penutup

Wah banyak ya ternyata peluang usaha yang bisa Anda dapatkan dengan WordPress, WordPress memang sudah menjadi sebuah software yang sangat membantu kehidupan banyak orang. Kita tentu juga harus bisa memanfaatkan WordPress itu sendiri untuk menghasilkan pemasukan.

Silahkan pilih yang terbaik untuk Anda. Kami semoga Anda bisa sukses besar dengan bermodal WordPress ya :)