Cara menggunakan VPN Gratis di browser Opera | Jika Anda menggunakan browser opera sebagai browser default di komputer atau laptop, maka artikel ini didedikasikan untuk Anda. Dalam artikel ini kita akan membahas tutorial tentang cara mengatur VPN gratis di browser Opera.

Browser Opera adalah salah satu browser yang terpopuler yang tersedia untuk Windows, OS X, dan sistem operasi Linux. Sebuah versi pengembangan baru dari Browser Opera tersedia untuk di-download dan menawarkan beberapa fitur baru yang unik dan berguna. Perusahaan ini pada blog resminya memperkenalkan layanan VPN gratis dan itu akan menjadi bagian dari versi pengembangan baru dari browser Opera yaitu Opera 38.

– Baca juga: Versi terbaru browser Opera dilengkapi VPN gratis

vpn ratis opera

Jika Anda tidak tahu apa VPN, mari kami jelaskan sedikit kepada Anda. VPN adalah singkatan dari Virtual Private Network yang menghubungkan dua komputer secara private dan lebih aman melalui internet, meskipun faktanya bahwa itu adalah jaringan publik. Lalu lintasnya bergerak melalui alamat IP lain demi keamanan dan anonimitas. Dengan bantuan VPN Anda juga dapat mengakses konten yang dibatasi secara geografis. Dari Indonesia kita bisa mengakses forum diskusi ternama seperti Reddit misalnya.

Browser Opera menjadi browser pertama yang menyediakan built-in VPN. Mereka juga menyediakan pilihan yang sesuai untuk mengaktifkan atau menonaktifkan langsung dari address bar Opera. Setelah layanan VPN gratis yang disediakan aktif, maka kita perlu untuk menentukan lokasi virtualnya dan alamant IP virtual yang akan dideteksi.

Pilihan Anda juga mempengaruhi kecepatan koneksi VPN. Terkadang Anda mungkin menghadapi kecepatan koneksi lambat dan itu semua tergantung pada beban server yang dipilih dan lokasi Anda saat ini. Dalam situasi ini, cobalah untuk mengubah server saat ini dan temukan server lain yang lebih stabil.

Layanan VPN gratis dari Opera ini mengklaim memiliki kemampuan sebagai berikut:

  • Menyembunyikan alamat IP Anda
  • Membuka blokir website dan firewall
  • Memberikan keamanan Wi-Fi

Layanan VPN gratis ini hanya tersedia dalam rilis pengembangan browser Opera. Untuk mulai menggunakan VPN pada browser Opera, maka Anda harus mengikuti langkah-langkah dibawah ini.

Cara Menggunakan VPN Gratis di Browser Opera

1. Download Opera versi pengembangan melalui link berikut ini (Anda bisa melewatkan langkah ini jika sudah menginstalnya).

Download: Windows || Mac || 32-bit Linux – deb file || 64-bit Linux – deb file || 32-bit Linux – RPM file || 64-bit Linux – RPM file

2. Install Opera yang sudah Anda download

3. Masuk ke Menu -> Settings.

opera setting menu

4. Pada bagian menu Setting, lalu pilih Privacy & Security pada panel bagian kiri. Pada panel bagian kanannya Anda akan melihat pilihan VPN.

opera privacy and security

5. Ceklis pada label Enable VPN

vpn gratis opera

 

 

6. Mulai saat ini ketika Anda mengakses website apapun, maka Anda akan melihat pilihan VPN di address bar. Dengan mengklik tombol VPN tersebut maka Anda akan melihat alamat IP, negara, alamat IP, serta jumlah konsumsi data yang Anda gunakan. Untuk mengaktifkan VPN pada alamat website yang dikunjungi Anda bisa ceklis

 

Salah satu fitur keren lainnya dari layanan ini adalah Anda bisa memilih antara Jerman, Amerika Serikat, Belanda dan Kanada untuk lokasi VPN.

– Baca juga: 20 Virtual Private Network / VPN Gratis dan Terbaik

Saat ini layanan ini sedang terus dikembangkan dan Anda mungkin melihat bahwa layanan VPN terkadang belum bekerja dengan maksimal. Jadi kita santai saja dulu hingga si perusahaan pengembangnya merilis versi stabil dari browser Opera yang memiliki VPN gratis ini.