Cara mengetahui website wordpress atau bukan | Seorang web developer ketika mengunjungi sebuah website tentu memiliki pemikiran yang berbeda jika dibandingkan dengan pengunjung lain.

Jika orang lain hanya akan mengagumi tampilan dan terkedang isi yang meraka baca pada website tersebut, maka hal berbeda akan ada di pikiran seorang web developer / pengembang website.

wordpress checker

WordPress domain checker (Image: howtoplugin.com)

Ketika menjelajahi sebuah website seorang developer tentu akan penasaran dan ingin mengatahui bagaimana dan dengan apa website tersebut dibuat, dibuat dari nol kah, atau menggunakan CMS seperti WordPress.

Pada kesempatan kali ini kami akan menunjukan Anda sedikit trik untuk mengetahui sebuah website dibuat menggunakan CMS WordPress atau bukan. Atau dengan kata lain kita akan membahas ciri-ciri website yang dibuat dengan WordPress.

1. Tulisan “Powered by WordPress” di bagian footer

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui sebuah website dibuat menggunakan WordPress atau bukan adalah dengan melihat bagina footer website tersebut, biasanya website yang dibuat dengan WordPress akan tertulis “Powered by WordPress“, meskipun tidak semua menuliskan seperti itu.

2. Cari tulisan wp-content di source code nya

wp-content view source

Cara kedua yang bisa Anda lakukan jika ingin mengetahui sebuah website dibuat dengan WordPress atau bukan adalah dengan melihat source code website tersebut. Caranya:

  1. Klik Kanan -> View Page Source
  2. Tekan kombinasi tombol CTRL + F
  3. Lalu ketik wp-content

Jika Anda menemukan beberapa teks wp-content maka bisa diduga itu adalah website yang dibuat dengan menggunakan WordPress.

Baca juga: Begini cara view source code di handphone

3. Ketik wp-admin atau wp-login.php setelah nama domain.

Cara lain untuk mengatahui website WordPress adalah dengan menuliskan /wp-admin atau /wp-login.php pada URL setelah nama domain, sebagai contoh:

https://www.ui.ac.id/wp-admin

atau

https://www.ui.ac.id/wp-login.php

Jika Anda menemukan halaman untuk login maka bisa dipastikan website tersebut dibuat dengan WordPress.

4. Menggunakan Tools Online

Terdapat beberapa tools online yang bisa Anda manfaatkan untuk mengetahui teknologi yang digunakan oleh sebuah website, misalnya saja situs builtwith.com dan Is it WordPresss.

BuiltWith.com

Situs ini akan memberikan informasi secara detail tentang website yang Anda inginkan.
Tinggal buka website builtwith, lalu masukan nama domain yang ingin Anda cek.

IsItWp.com

Selain builtwith Anda juga bisa memanfaatkan situs itiswordpress.com, website tersebut bisa mengataui sebuah website dibuat dengan WordPress atau bukan hanya dengan menuliskan nama domain/URL dari website yang ingin di cek.

isitwp

isitwp.com

5. Menggunakan Plugin / Extensions Browser

Selain tools online terdapat juga plugin ataupun extension yang bisa Anda manfaatkan untuk mengetahui sebuah website dibuat dengan WordPress atau bukan. Misalnya saja.

Penutup

Dengan setidaknya 5 cara diatas Anda sudah bisa melihat apakah sebuah website dibuat dengan WordPress atau bukan. Hal ini tentu akan sangat menarik jika Anda sendiri adalah seorang yang suka membuat website, atau bahkan seorang yang bekerja di bidang wordpress developer.

Semoga berguna…