Handphone kena air baik itu karena banjir yang sedang melanda Jakarta dan sekitar nya atau karena tidak sengaja tersiram air mungkin saja terjadi pada kita.

HP terkena air tentu cukup berbahaya, karena ini bisa merusak HP itu sendiri, bisa berakibat kehilangan data, dan lain sebagainya.

hp kena air

hp kena air (Image: Techradar)

Nah Bagaimana cara yang harus ditempuh apabila kita mengalami handphone yang terkena air tersebut? bagaimana cara mengeringkannya? simak beberapa poin yang Jurnalweb himpun dari Tech Advisor dibawah ini untuk mengatasi HP yang terkena air.

1. Amankan Handphone dari air

Jika mengalama hal tersebut hal pertama yaitu amankan atau jauhkan HP dari air tersebut, karena HP yang terkena air terlalu lama bisa saja mengalami kerusakan, bahkan pada HP yang katanya tahan air pun hal ini bisa juga terjadi.

Batas maksimalnya adalah sekitar kedalaman 2 meter dan waktu 30 menit. Sedangkan untuk HP lama / jadul kedalamannya akan lebih dangkal dan waktunya lebih sebentar lagi.

Ketika tercemplung banjir, maka segera angkat dan selamatkan HP Anda. Segera lakukan tindakan utama yaitu lap dengan handuk, kain atau lainnya. Berikutnya adalah tindakan menyeluruh.

2. Langsung Matikan HP

Begitu diselamatkan dari air dan dilap dengan handuk, lalu segera matikan ponsel Anda tersebut, dan jangan gunakan ponsel basah untuk alasan apapun.

Hal Ini untuk menghindari terjadinya risiko korsleting di dalam HP yang bisa merusak komponen-komponen yang ada di dalam nya.

3. Lepas semua bagian yang bisa dilepas

Usahakan untuk segeram membuka soft case plastik atau silikonnya dan bersihkan. Buka casing HP kalau memang bisa dibuka. Lepas SIM card dan memory card. Kalau HP lama yang bisa lepas baterai, maka lepas juga baterainya.

Anda juga bisa menggoyang-goyang sedikit HP tersebut untuk mengeluarkan air yang masuk ke port. Kemudian keringkan semua bagian yang bisa dilepas tadi. Kemudian setelah kering, bisa disatukan lagi semua untuk tahap selanjutnya.

4. Kubur pakai beras atau silica gel

Hal ini terdengar seperti mitos, namun sudah banyak orang yang membuktikan ini dan berhasil menyelamatkan HP nya dari kerusakan. Sekali lagi Ini bukan mitos, tapi fakta ilmiah. Beras bisa mengeringkan bagian dalam dari HP basah dengan aman.

Caranya mudah, ambil wadah seukuran HP Anda, misalnya mangkuk atau piring. Lalu bungkus HP Anda dengan menggunakan selembar tisu, nah setelah itu baru kubur dengan beras di piring/mangkuk tersebut. Diamkan selama 24 jam. Tisu ini fungsinya agar beras tidak lengket menempel di HP.

Alternatifnya adalah memakai banyak silica gel. Biasanya ada di dalam paket barang online yang Anda beli, misalnya di dalam kotak sepatu atau paket makanan ringan. Taruh HP basah di lemari yang hangat dan ada aliran udara bersama kantung-kantung silica gel, diamkan 1-2 hari. Setelah beberapa waktu, beras dan silica gel akan menyerap air yang ada di dalam HP Anda.

5. Empat cara terlarang dalam mengeringkan HP kena air.

Tips yang ini adalah 4 cara terlarang dalam mengeringkan HP kena air. Jangan pakai mesin pengering, walaupun dipasangi pelindung. Jangan juga ditaruh di radiator panas. Jangan keringkan HP Anda menggunakan hair dryer. Dan jangan dimasukan ke freezer atau ditaruh di oven. 4 Cara ini justru bisa merusak HP.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi kerusakan pada HP yang terjadi karena terkena air baik itu banjir atau tersiram Air.