Cara mengecilkan ukuran gambar untuk postingan blog agar tidak berat — Mengecilkan ukuran atau size file gambar sebelum diupload ke postingan blog adalah sebuah opsi yang cukup baik untuk dilakukan, dan memang disarankan seperti itu agar waktu muat / loading website tidak terlalu berat.

Kompres Gambar

Kompres Gambar (Image: maketecheasier.com)

Selain masalah waktu muat website menjadi lebih cepat, mengecilkan ukuran file tentu saja bisa menghemat ruang penyimpanan di web hosting agar tidak cepat habis.

Lalu bagaimana cara mengecilkan ukuran file gambar tersebut?

Tidak sulit kok, pada kesempatan kali ini saya akan tunjukan bagaimana kami mengecilkan ukuran file gambar hingga 9 kali lipat namun kualitasnya tetap bagus sebelum di upload ke setiap postingan di Jurnalweb.com.

1. Pertama-tama siapkan dulu gambar yang ingin di upload, bisa yang ekstensi JPG, PNG, atau GIF

2. Selanjutnya buka website compressnow.com

3. Klik tombol +Upload an image (Max : 9 Mb)

4. Lalu pilih gambar yang ingin di kecilkan ukurannya.

Misalnya gambar ini

gambar ukuran besar

Terlihat disitu sebuah file dengan ekstensi PNG yang ukuran gambarnya adalah 308 KB

5. Tentukan angka compression level nya menjadi 25% (semakin tinggi nilai persentase maka ukuran file gambar akan semakin kecil, namun kualitas gambar bisa jadi buruk).

6. Lalu klik tombol Compress Now, maka seketika ukuran gambar akan menjadi sangat kecil.

hasil kompres gambar

7. Terlihat ukuran gambar yang tadinya 300Kb sekarang menjadi 30.79Kb, berarti berhasil dikecilkan sebesar 276.76Kb atau hampir sekitar 90%.

8. Terakhir klik tombol tulisan DOWNLOAD untuk mengunduh file gambar yang sudah dikecilkan tersebut ke komputer Anda, kemudian tinggal unggah ke blog kesayangan Anda.

Tambahan

Jika Anda ingin mengecilkan lebih dari satu foto secara sekaligus, tinggal pilih maksimal 10 foto, lalu drag & drop ke bagian kiri halaman compressnow.com pada kolom yang bertuliskan original images.

Selamat mencoba…