Cara menentukan harga pembuatan desain — Menentukan harga jasa pembuatan sebuah desain itu tidak mudah, ada banyak sekali yang harus dipertimbangkan.

Jika Anda menentukan harga untuk sebuah desain, harus hati-hati, jangan kira Anda hanya akan mengerjakan sebuah desain nantinya, karena terkadang klien yang cerewat akan meminta Anda membuat ini itu ini itu yang akhirnya melenceng dari apa yang dimintanya diawal. Bisa-bisa apa yang Anda kerjakan setara dengan membuat 10 buah desain. Waduuuh!!

Ya begitulah klien, terkadang dia yang mengajari Anda membuat desain. Aneh kan?

Dia yang minta jasa desain pada Anda, tapi dia yang mengajari Anda. “mas itu dibuat lebih miring”, “mas itu fontnya kayaknya lebih bagus kalau diperbesar”, “eh kecilin lagi deh font nya ternyata ga bagus kalau besar”, “ganti warnanya aja”, “itu gambar orangnya ada yang lebih tinggi 4cm lagi tidak ya”, Arggg,,, kalau dituruti kadang tidak ada habisnya. Selalu saja ada yang kurang pas.

Klien terkadang selalu saja ingin membantu pekerjaan desainer, padahal dia menyewa jasa desainer karena tentu desainer itu dia anggap lebih mengerti dan lebih tau bagaimana membuat desain yang baik.

Mungkin karena alasan tersebut, Digital Synopsis menerbitkan sebuah daftar harga yang agak lucu untuk jasa desainnya :D

harga desain

Harga desain (Image: BoredPanda via Digital Synopsis)

Versi bahasa Indonesia

daftar harga jasa desain

Jadi menurut tabel tersebut jika semua tugas diserahkan kepada desainer nya, maka harganya lebih murah, jika klien memberikan masukan maka harga akan bertambah, sampai-sampai jika klien itu sendiri yang mengerjakan semua maka harganya akan semakin tinggi. Wahahha….

Hmm… tapi mungkin itu hanya sebuah ungkapan hati yang tidak pernah terucapkan dari desainer kepada kliennya yang agak cerewet dan selalu saja mencoba untuk membantu mereka dalam menyelesaikan tugas. Desainer diminta mengerjakan sebuah desain kan karena kepandainannya dalam membuat desain, sudah selayaknya serahkan tanggung jawab kepada mereka.

Jadi, Anda mau pesan desain, atau bikin desain sendiri?