Cara menampilkan postingan WordPress di halaman web yang dibuat dengan PHP — Biasanya sebuah website memiliki blog yang berada pada direktori berbeda. Contohnya saja sebuah website dibuat dengan PHP secara manual, sedangkan untuk bagian blog nya menggunakan CMS WordPress.

Direktorinya kira-kira jadi seperti ini:

Direktori_web_utama
Direktori_web_utama/blog/

 

Kasusnya adalah ketika web utama tersebut ingin menampilkan postingan terbaru dari blog yang dibuat dengan WordPress. Bagaimana caranya?

Sebenarnya mudah saja, karena berada dalam satu server, tinggal query saja dengan php dan mysql seperti biasanya. Namun kali ini kita akan mencoba cara yang lebih mudah yaitu dengan memanfaatkan file dan fungsi yang ada di WordPress, supaya scriptnya PHP tetap sama dengan gaya yang digunakan WordPress.

php wordpress

Berikut ini script nya.

Yang pertama dilakukan adalah menyertakan script wp-blog-header.php yang biasanya ada di setiap website yang dibuat dengan WordPress. Dengan script ini kita bisa memanfaatkan fungsi-fungsi yang ada di WordPress.

<?php // Sertakan file utama wordpress require('wp-blog-header.php'); // Query database wordpress $args = array( 'numberposts' => 10, 
				'post_status'=>"publish",
				'post_type'=>"post",
				'orderby'=>"post_date");
$postslist = get_posts( $args );
?>




<div id="latest_posts">



<h2>Daftar Postingan Terbaru Jurnalweb.com</h2>




<?php // Menampilkan daftar postingan terbaru foreach ($postslist as $post) : setup_postdata($post); ?> 



<div class="post-<?php the_ID();?>"><a href="<?php the_permalink(); ?>" title="<?php the_title();?>"><?php the_title(); ?></a> — <small>Ditulis pada <?php the_time('j F Y'); ?></small></div>






<hr>





<?php endforeach; ?>

Pada script diatas sudah kami lengkapi dengan penjelasan pada setiap bagian, mulai dari script untuk menyertakan file, hingga mencetak/menampilkan daftar postingan.

Semoga berguna, dan jika Anda ingin memahami lebih lanjut tentang fungsi-fungsi yang ada di wordpress, anda bisa membaca di halaman Codex WordPress.