Cara menampilkan postingan terpopuler di WordPress blog | Dari sekian banyak postingan yang ada di website Anda, tentulah ada postingan yang paling sering dibaca atau biasa disebut postingan terpopuler atau popular posts.

WordPress memang tidak memiliki fitur untuk menampilkan tulisan terpopuler, namun dengan bantuan plugin hal tersebut tentu menjadi sangat memungkinkan.

popular post

popular post (Image: bungfrangki.com)

Menampilkan postingan terpopuler juga dianggap bisa untuk menambah page view, karena postingan terpopuler biasanya sangat menarik minat orang lain untuk melakukan klik dan melihat isi tulisan tersebut.

Pada kesempatan kali ini jurnalweb.com akan mencoba menjabarkan sedikit bagaimana cara menampilkan tulisan terpopuler di WordPress.

Kita akan menggunakan widget untuk menampilkan postingan terpopuler dengan mudah, baik itu dalam satu bulan terakhir, satu minggu, maupun tulisan yang paling sering di komentari, karena terkadang populer bukan hanya yang paling banyak dikunjungi namun bisa juga yang paling banyak komentarnya.

Langkah 1: Install dan Aktifkan Plugin WordPress Popular Posts

  • Buka menu Plugins >> Add New
  • Lalu ketik “Popular Posts Widget” di kolom pencarian
  • Lalu cari plugin WordPress Popular Posts buatan Hector Cabrera
  • Klik Tombol Install Now
  • Lalu klik Active Plugin

Langkah 2: Gunakan Widget WordPress Popular Posts

Setelah plugin terinstall, maka di menu Widgets Anda akan terdapat widget baru dengan nama WordPress Popular Posts. Masukan widget tersebut ke sidebar yang Anda inginkan dengan cara drag & drop.

WordPress Popular Post Widget

Ketika widget tersebut Anda aktifkan, maka akan muncul pengaturan, Anda bisa mengatur sesuai dengan yang Anda inginkan, mulai dari jumlah postingan, dan periode waktu, apakah ingin menampilkan tulisan terpopuler dalam sebulan terakhir, seminggu atau lainnya.

WordPress Popular Post Widget Settings

Menampilkan postingan terpopuler dalam sebulan terakhir

Postingan terpopuler dalam sebulan tentu saja masih sangat hangat, dan yang terpilih biasanya tulisan-tulisan baru. Untuk menampilkan postingan terpopuler dalam sebulan di WordPress Anda bisa mengatur widget WordPress Popular Posts menjadi seperti dibawah ini. Pastikan Time range yang terpilih adalah Last 30 days.

WordPress Popular Post Widget by Month

Menampilkan postingan terpopuler sepanjang waktu

Selain postingan terpopuler dalam sebulan, Anda juga bisa menampilkan postingan terpopuler sepanjang waktu di wordpress, yaitu semenjak plugin ini terinstall dan mulai mendata (makanya disarankan menginstall plugin ini sejak pertama kali website diluncurkan).

Untuk menampilkan postingan terpopuler sepanjang waktu atur widget WordPress Popular Posts menjadi seperti berikut ini. Pastikan Time range yang dipilih adalah All-time, sedangkan pada bagian Sort post by, pilih Total views.

WordPress Popular Post Widget all time

Menampilkan postingan yang paling sering dikomentari / paling banyak komentarnya.

Terkadang orang menganggap bahwa tulisan paling sering dikomentari adalah yang paling populer, untuk itu kita juga bisa menampilkan tulisan paling sering dikomentari dengan mengatur widget WordPress Popular Posts menjadi seperti dibawah ini, pastikan pada bagian Sort posts by: Comments, dan Time Range: bisa dipilih sesuai kebutuhan, baik itu perbulan atau selamanya.

WordPress Popular Post Widget by Comments

Kesimpulan

Plugin ini akan melakukan penghitungan tulisan terpopuler semenjak dia terinstall, jadi sangat disarangkan menginstall plugin ini sejak website diluncurkan agar data lebih akurat.

Selain itu plugin ini juga memiliki halaman pengaturan yang berlokasi di Settings >> WordPress Popular Posts. Disana Anda bisa menentukan log views, log limit, pengaturan cache dan lainnya.