Cara menampilkan file foto dan video tersembunyi di Android bisa kita lakukan tanpa pelu melalukan rooting. Terdapat banyak sekali file didalam smartphone Android yang Anda miliki, namun tidak semua file ditampilkan, termasuk beberapa file multimedia.

Android memiliki banyak sekali kelebihan yang mungkin tidak dimiliki oleh sistem operasi smartphone lainnya.

hidden file android

hidden file android (Image: androidauthority.com)

Salah satu kelebihannya yaitu para pengguna diberikan kebebasan untuk mengotak-atik tampilan serta mengubah elemen pada sistem, melakukan instalasi aplikasi ke dalam smartphone tersebut, dan lain sebagainya.

Namun, meskipun bebas, Android tetap memberikan jaminan privasi kepada penggunannya. Salah satu fitur privasi dan keamanan yang diberikan yaitu memungkinkan kita untuk menyembunyikan file foto ataupun video yang dianggap rahasia atau private. Sehingga sulit untuk diakses oleh orang lain.

File-file multimedia yang cukup penting juga terkadang disembunyikan secara otomatis oleh Android, misalnya saja file yang kita kirim melalui WhatsApp kepada orang lain, tidak akan bisa kita temui di file manager standar, hanya file yang dikirim orang lain saja yang bisa kita lihat.

Namun jika sangat diperlukan, kita bisa saja menampilkan file-file yang disembunyikan secara otomatis oleh sistem Android tersebut, tidak perlu skill khusus dan tidak perlu melakukan rooting pada smartphone Android Anda, karena itu cukup berbahaya. Namun Anda cukup menginstall aplikasi QuickPic yang sudah tersedia di Android Play Store.

Cara menampilkan file multimedia tersembunyi di Android

  1. Buka aplikasi Play Store di smartphone Android Anda
  2. Install aplikasi QuickPic dari Google Play Store.
  3. Buka Aplikasi tersebut dan jalankan aplikasi yang memiliki tampilan seperti gallery foto di Android ini.
  4. Untuk melihat foto atau video yang tersembunyi atau disembunyikan, kita tinggal klik icon Menu (titik tiga) yang ada di kanan atas layar, kemudian pilih menu “Show Hidden”.
  5. Apabila terdapat file tersembunyi, maka file tersebut kini sudah bisa Anda lihat di gallery QuickPic.

Selamat mencoba kawan…