Cara memperkuat sinyal handphone itu tidak sulit lho guys. Saat ini kehidupan kita tidak bisa lepas dari gadget, khususnya ponsel / smartphone. Benda yang satu ini memang sangat banyak fungsinya, mulai dari urusan pribadi hingga urusan pekerjaan dikantor akan bisa lebih mudah diselesaikan.

Namun terkadang ada masalah yang kerap terjadi pada benda ini, yaitu kualitas sinyal yang buruk. Apalah artinya sebuah smartphone yang canggih namun sinyalnya buruk atau tidak ada sama sekali.

sinyal handphone

Ilustrasi mencari sinyal handphone (Image: vodafone.co.nz)

Ada banyak penyebab sinyal handphone Anda tersebut berkualitas buruk, mulai dari lokasi hingga baterai yang sudah hampir habis bisa jadi penyebab buruknya sinyal.

Ada beberapa solusi yang bisa dilakukan apabila kualitas sinyal ponsel Anda sedang buruk, Anda bisa mencoba beberapa trik ini.

1. Matikan lalu hidupkan kembali ponsel untuk memperkuat sinyal

Sederhananya, dengan melakukan reboot atau restart, maka ponsel Anda akan mendapatkan sinyal yang lebih baik. Apabila proses restart dirasa memakan waktu, Anda juga bisa mengaktifkan airplane mode untuk beberapa meni, lalu nonaktifkan lagi. Ponsel biasanya akan mencari sinyal lagi setelah itu.

2. Isi baterai

Apabila Anda merasa proses berkirim pesan agak lama, bisa jadi hal tersebut dikarenakan baterai ponsel Anda sedang lemah. Ponsel membutuhkan tenaga yang cukup besar untuk bisa mendeteksi cell tower pada saat Anda menggunakannya terus-menerus. Untuk mempercepat proses pengisian baterai, Anda bisa mengaktifkan airplane mode, agar semua koneksi terputus selama proses pengisian baterai.

3. Turunkan kaca saat berada dalam mobil

Mobil atau kendaraan yang tertutup lainnya bisa juga jadi penyebab terhalangnya sinyal bagus untuk ponsel Anda. Dengan menurunkan kaca mobil Anda tentu bisa mengurangi beberapa penyebab terganggunya sinyal pada ponsel.

4. Cari lokasi terbaik

Jika Anda memiliki rumah yang cukup luas, Anda bisa mencoba beberapa lokasi yang sinyalnya bagus. Misalnya didalam kamar yang tertutup biasanya sinyal akan lebih lemah dibanding diruang tamu. Cari spot-spot yang memiliki sinyal terbaik ketika ingin mengirim sesuatu yang penting melalui ponsel.

5. Sebisa mungkin gunakan Wi-Fi

Saat ini sinyal Wi-Fi bisa Anda dapatkan di beberapa tempat umum. Gunakan koneksi tersebut untuk melakukan berbagai aktivitas dengan ponsel Anda dari pada harus menggunakan paket data yang biasanya kualitasnya lebih lemah. Sinyal Wi-Fi biasnya cenderung lebih kuat dan stabil.

Ternyata cukup sederhana ya untuk memperkuat sinyal, selamat mencoba.