Cara mempercepat Mac OS X — Memiliki komputer yang lambat tentu bisa membuat seseorang frustasi. Tentu hal tersebut tidak bisa diabaikan, apalagi jika komputer tersebut digunakan untuk pekerjaan dan butuh kecepatan.

Jika Anda menggunakan Mac OS X biasanya suatu hari akan mendapati kinerja sistem operasi Anda berjalan tidak seperti biasanya, atau menjadi lambat.

slow mac os x

Mac OS X (Image: osxdaily.com)

Penyebabnya ada berbagai hal, bisa karena sistem operasi nya tidak cocok, atau bermasalah, masalah virus, data yang terlalu banyak, dan lain sebagainya.

Pada kesempatan ini Jurnalweb.com sedikit membahas bagaimana meningkatkan kecepatan Mac OS X Anda agar bermain komputer kembali menyenangkan dengan komputer yang tidak lemot.

1. Animasi

Mac dikenal dengan sistem operasi yang memiliki afek animasi. Efek animasi ini menjadi jalan utama kinerja komputer jadi lambat dan baterai cepat habis. Anda bisa mematikan animasi yang tidak begitu penting demi menghemat baterai dan mengurangi konsumsi grafis. Masuk ke System Preference -> Dock dan matikan pilihan yang relevan seperti “Magnification”.

2. Aplikasi yang tidak diinginkan

Jika Anda menggunakan Mac versi lawas yang dilengkapi dengan hard drive fisik, Anda perlu berhati-hati terhadap jenis aplikasi ynag Anda miliki di mesin. Aplikasi-aplikasi tersebut bisa mengkonsumsi hard drive dan membuat perbedaan nyata terhadap waktu muat dan bisa membuat lambat komputer Anda.
Masuk ke Finder -> Applications. Lalu hapus aplikasi yang tidak diinginkan untuk meningkatkan kinerja hard drive.

3. Transparansi

Mesin Mac khususnya yang lama akan menjalankan banyak task dalam satu waktu dan ini membuatnya menjadi lambat. OS X penuh dengan animasi yang menyumbat RAM dan hard drive. Anda dapat menonaktifkan transparansi untuk meringankan beban dan memastikan komputer berjalan halus lagi. Masuk ke Settings -> Accessebility dan tandai “Reduce Transparancy”.

4. Hapus data web

Safari atau browser lain menghemat banyak data yang tidak perlu dengan menyimpannya di hard drive agar cepat di akses. Banyaknya cookies, cache dapat memperlambat mesin. Anda bisa meningkatkan kecepatan safari dan browser lain dengan menghapus data histori dan lainnya.

5. Clear System Cache

Bukan hanya cache browser saja yang bikin komputer lambat, banyaknya file cache yang berukuran besar juga bisa memberatkan kinerja Mac Anda, lakukan clear system cache.
Buka Finder Anda, lalu klik menu Go > Go To Folder > ketik ~Library/Caches lalu tekan enter. Lalu Anda bisa hapus file cache yang menurut Anda tidak penting.
Lokasi lain dari cache: Macintosh HD > Library

6. Tambah RAM

Melakukan penambahan (upgrade) memori di Mac Anda adalah solusi terakhir jika semua upaya sudah dilakukan namun tidak berhasil. Anda bisa menemukan panduan tentang hal ini di situs seperti iFixit. Menambah RAM tentu saja bisa mempercepat kinerja komputer Anda, pastikan Anda membeli jenis RAM yang sesuai dengan komputer Anda. Perlu di ketahui juga ada beberapa Macbook baru yang RAM nya tidak bisa ditambah.

7. Jalankan Disk Utility

Disk Utility tidak hanya berguna untuk burning CD, namun fungsi utama dari disk utility adalah untuk memperbaiki system permission dari Mac OS X, selain itu berguna juga untuk memperbaiki Bad Sector. Anda bisa mencobanya dengan menjalankan Disk Utility, lalu Repair Disk Permission dan Verify Disk secara rutin.

8. Jangan jalankan banyak aplikasi

Menjalankan banyak aplikasi dalam satu waktu tentu akan memeberatkan kinerja Mac Anda, agar tidak lambat sebaiknya hindari menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan.